NEWS24.CO.ID

Economy

Menteri Investasi Sebut Kepercayaan Investor Global di Indonesia Meningkat

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID -  Kepercayaan investor asing terhadap Indonesia mulai membaik seiring dengan pertumbuhan investasi 8,3% pada kuartal II 2021, kata Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

“Pada 2021, kami menargetkan investasi sebesar Rp900 triliun, 49,6 persen di antaranya telah terealisasi. Dari 49,6 persen, PMA tercatat 50,5 persen. Artinya, kepercayaan pemangku kepentingan global terhadap Indonesia perlahan mulai membaik. ," Lahadalia yang juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Jakarta, Rabu, 22 September 2021.


Read More : Luhut Sebut Jika IMF Kagum Dengan Pemulihan Ekonomi Indonesia Meski Ditengah Pandemi

Hal itu disampaikannya dalam dialog virtual 'Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi: Menarik Investasi Melalui Reformasi Struktural' yang diselenggarakan EuroCham dan Kementerian Investasi/BKPM.

Selain itu, membaiknya kepercayaan global terlihat dari negara-negara Eropa yang muncul sebagai negara investor terbesar di Indonesia, kata Menkeu.

Menurut data kementerian, pada kuartal pertama tahun 2021, Swiss termasuk dalam lima besar negara yang berinvestasi di Indonesia. Sementara itu, pada kuartal berikutnya, Belanda muncul sebagai investor terbesar ketiga di negara itu, kata Lahadalia.

Oleh karena itu, pemerintah akan terus berupaya memberikan kepastian, kemudahan, efisiensi, dan transparansi kepada investor, katanya.


Read More : Staf Sri Mulyani Klarifikasi Utang Tersembunyi Sebesar Rp245 Triliun ke China

Beberapa strategi yang telah dilakukan pemerintah untuk itu antara lain implementasi UU Cipta Kerja dan sistem Risk-Based Online Single Submission (OSS) untuk pelayanan perizinan penanaman modal .

Dalam diskusi Selasa, Ketua EuroCham Julien Steimer menginformasikan bahwa sejumlah perusahaan Eropa di Indonesia telah mengkonfirmasi komitmen mereka untuk terus berinvestasi di negara tersebut.

Steimer -- atas nama perusahaan-perusahaan Eropa -- juga menyampaikan apresiasinya atas reformasi yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk memfasilitasi kerjasama antara pelaku usaha Eropa dan Indonesia.

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article