NEWS24.CO.ID

Nasional

Kotak Hitam Lion Air JT 610 Ditemukan Oleh Tim Penyelam Hari Ini

NEWS24.CO.ID

Lion Air JT 610 Lion Air JT 610
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Cockpit Voice Recorder (CVR) yang hilang, bagian dari kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP JT 610, telah ditemukan. Tim penyelam, yang terdiri dari personel KOPASKA (unit Frogman dari Angkatan Laut Indonesia) dan Koarmada (Komando Armada Pertama Angkatan Laut Indonesia) hari ini, 14 Januari menemukan kotak hitam tersebut.

"Ya, [kotak hitam CVR] telah ditemukan pada pukul 09:10 pagi," kata Kolonel Marinir Agung Nugroho ketika Tempo meminta konfirmasi, Senin, 14 Januari.

Agung menjelaskan CVR ditemukan pada kedalaman delapan meter di bawah dasar laut. Kedalaman dasar laut itu sendiri mencapai 30 meter. Saat ini, tim sedang mengomunikasikan berita penemuan CVR ke Komisi Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT).

"Kami pertama-tama mengoordinasikannya dengan KNKT di mana CVR akan dibawa," catat Agung.

Pesawat Lion Air dengan nomor ekor JT 610 menabrak perairan Tanjung Karawang pada hari Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat Boeing 737 Max 8 lepas radar pada pukul 06:32 pagi atau hanya 12 menit setelah lepas landas dari Bandara internasional Soekarno - Hatta.

Sementara itu, Flight Data Recorder (FDR), bagian lain dari kotak hitam pesawat Lion Air, telah ditemukan pada hari Kamis, 1 November 2018. Perangkat FDR mencatat informasi tentang kecepatan, arah, dan ketinggian pesawat, sementara perangkat CVR merekam komunikasi antara pilot dan pengontrol lalu lintas udara (ATC), co-pilot, dan suara lainnya di kokpit.

 

 

 

NEWS24.CO.ID/RED/DEV

Loading...

Related Article