NEWS24.CO.ID

Nasional

Warung NKRI Digital Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme di Era Digitalisasi

NEWS24.CO.ID

Warung NKRI Digital Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme di Era Digitalisasi Warung NKRI Digital Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme di Era Digitalisasi
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Era digitalisasi menuntut berbagai lini kehidupan harus terintegrasikan dengan dunia digital. Demikian juga dalam pencegahan radikalisme dan terorisme, cara-cara konvensional yang telah dilakukan harus diubah dengan menyesuaikan dengan perkembangan dunia teknologi informasi yang semakin canggih. Apalagi dunia digital atau dunia maya dijadikan lahan kelompok radikal untuk menyebarkan paham dan merekrut anggota baru.

Fakta itulah yang membuat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus melakukan inovasi dalam program pencegahan radikalisme dan terorisme di Indonesia. Salah satunya dengan membangun Warung NKRI Digital yang merupakan akronim dari wadah akur rukun usaha nurani gelorakan NKRI demi Indonesia tegakkan informasi teknologi secara aman dan lancar.

Warung NKRI awalnya dibentuk BNPT untuk mempertemukan para penyintas terorisme dan mitra deradikalisasi yang telah kembali ke NKRI agar terjadi perdamaian atas masa lalu yang pernah terjadi. Namun, Warung NKRI Digital kemudian meluas, dan yang terbaru di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Baca juga : Top! Dua Bandara AP1 Terima Sertifikat Pencegahan Terorisme dari BNPT

“Warung NKRI Digital merupakan transformasi dari Warung NKRI yang sebelumnya. Karena eranya menggunakan digitalisasi maka Warung NKRI yang kita launching Warung NKRI Digital. Sasarannya tetap sama dalam edukasi, terorisme, ekonomi atau wisata pada masyarakat dan juga para mitra deradikalisasi,” ujar Deputi 1 Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo, pada peresmian Warung NKRI Digital, di Kantor Kesbangpol Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (2/5).

Roedy melanjutkan, Warung NKRI Digital tidak hanya sekadar warung, tapi secara akronim ada singkatan wadah akur rukun usaha nurani gelorakan NKRI demi Indonesia tegakkan informasi teknologi secara aman dan lancar. Artinya Warung NKRI Digital bukan sekadar tempat ngopi dan duduk-duduk santai, tapi dalam sebagai tempat berkumpul ngobrol pintar, ngobrol ringan ala kebangsaan, terkait bagaimana Indonesia atau khususnya Kota Salatiga bisa aman damai harmoni.

Ia menjelaskan, Warung NKRI Digital ini memiliki ciri khas yaitu terdapat KOPI (Kerukunan Obat Persatuan Indonesia), GULA (Gotong Royong untuk Lingkungan Aman), dan TEH (Toleransi Empati Harmoni). Sedangkan akronim Digital adalah Demi Indonesia, Gerakan Informasi & Teknologi yang Aman dan Lancar.

Baca juga : Menteri Arifin Buka Peluang Kolaborasi Percepat Transisi Energi Di Paris

“Intinya Warung NKRI Digital ini sebagai wadah untuk mendukung digitalisasi dalam rangka penyebaran informasi dalam penanggulangan radikal terorisme,” jelasnya.

Roedy mengungkapkan, di Warung NKRI Digital juga dilengkapi berbagai fasilitas agar masyarakat yang datang bisa berkomunikasi secara online di dunia maya dan juga secara offline atau hybrid di mana saja. Nantinya, akan ada narasumber yang hadir baik dari pusat maupun wilayah.

“Itu tergantung pengelola Warung NKRI Digital berkreasi dan aktif secara terus menerus menghidupkan Warung NKRI Digital. Bukan hanya sekadar setelah launching tapi kedepan nanti bisa kolaborasi dengan Warung NKRI Digital dimana saja,” tutur Roedy.

Baca juga : Sore Ini, PBNU Lakukan Pemantauan Hilal di 60 Titik

Bersamaan dengan peresmian Warung NKRI Digital Kesbangpol Kota Salatiga, juga diresmikan Omah Ngopi, Rumah Kebangsaan, dan Kick-Off Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan dalam Penanggulangan Terorisme di Kota Salatiga.

Roedy mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi atas kepedulian dan semangat seluruh pihak, khususnya Pemerintah Kota Salatiga dan jajarannya, terutama Kesbangpol Kota Salatiga dalam melakukan berbagai upaya pencegahan radikal terorisme.

“Kegiatan ini menjadi momentum program penanggulangan terorisme yang merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, bukan hanya tugas BNPT RI semata tapi memerlukan kerja sama multipihak. Ini menjadi bukti komitmen dan rasa cinta akan ideologi bangsa dan menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article