NEWS24.CO.ID

Nasional

Jelang Leaders Retreat Menlu Singapura Temui Airlangga Bahas Peluang Kerja Sama

NEWS24.CO.ID

Jelang Leaders Retreat  Menlu Singapura Temui Airlangga Bahas Peluang Kerja Sama Jelang Leaders Retreat Menlu Singapura Temui Airlangga Bahas Peluang Kerja Sama
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan, Selasa (23/4). Keduanya membahas sejumlah isu strategis dan peluang kerja sama antar kedua negara. 

Pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini merupakan bagian dari persiapan Leaders’ Retreat antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor pada 29 April 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga menyampaikan komitmen Indonesia memperkuat hubungan bilateral dengan Singapura. Terutama dalam kerangka ASEAN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas regional.

Baca juga : Sering Jadi Ban Serep, Arda Guler Siap Tinggalkan Bernabeu

"Pemerintah Indonesia terus mendukung hubungan yang kuat dengan Singapura baik secara bilateral maupun dalam kerangka ASEAN untuk pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kawasan," kata Menko Airlangga.

Kedua menteri, membahas sejumlah potensi kerja sama bilateral, terutama di sektor energi hijau seperti pembangkit listrik tenaga surya, carbon capture storage atau penyimpanan karbon, digital connectivity, pusat data dan pengembangan wilayah Batam – Bintan – Karimun. 

Ketum Partai Golkar ini juga menjelaskan rencana pembangunan pusat data di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, data center itu diperlukan untuk mendukung konsep pembangunan kota yang modern dan berbasis digital.

Baca juga : Prabowo & Menlu China Gelar Pertemuan Tertutup Bahas Kerja Sama Pertahanan

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi fokus utama Indonesia dengan Singapura. Hal itu bisa diwujudkan dengan peningkatan keterampilan, pertukaran talent di bidang digital, dan peningkatan kapasitas di sektor kesehatan. 

Selain itu, pertemuan ini juga membahas proses aksesi Indonesia dalam OECD serta dinamika geopolitik di Timur Tengah yang berpotensi mempengaruhi aspek ekonomi. Menlu Vivian menyampaikan optimismenya bahwa Indonesia akan berhasil menyelesaikan proses aksesi dengan lancar.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya yakni Duta Besar Singapura untuk Indonesia dan Deputi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article