NEWS24.CO.ID

Nasional

Ini Peran Prabowo Di Balik Kesuksesan RI Antar Bantuan Via Airdrop Ke Gaza

NEWS24.CO.ID

Ini Peran Prabowo Di Balik Kesuksesan RI Antar Bantuan Via Airdrop Ke Gaza Ini Peran Prabowo Di Balik Kesuksesan RI Antar Bantuan Via Airdrop Ke Gaza
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Indonesia mencetak sejarah dengan mengirimkan paket bantuan langsung ke Gaza, Palestina, menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dengan metode Airdrop atau menurunkan bantuan melalui udara bekerja sama dengan Angkatan Udara Yordania (RJAF).

Menurut Pengamat militer sekaligus Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi, keberhasilan misi kemanusiaan itu tidak lepas dari peran presiden terpilih Prabowo Subianto.

Prabowo memiliki hubungan baik dengan Raja Yordania Abdullah II, sehingga bantuan dari Indonesia bisa dikirim secara langsung ke Palestina.

“Hubungan personal itu bermanfaat untuk kelancaran tugas pengiriman bantuan, Prabowo sebagai menteri pertahanan antara Prabowo dengan Raja Yordania artinya kalau itu hanya tugas tanpa ada kedekatan yang nyata seperti kita lihat pengiriman langsung melalui airdropping itu mungkin sulit terlaksana,” ujar Fahmi, Selasa (16/4/2024).

Dia menilai, tanpa hubungan personal yang baik itu, Indonesia mungkin hanya mengirim bantuan sampai Yordania. Sementara air dropping ke wilayah Gaza dilakukan dari Yordania.

"Nah kemarin itu kita diberi kesempatan untuk melakukan operasi airdropping secara langsung dengan armada kita sendiri,” sambungnya.

Fahmi menyampaikan, Yordania merupakan benang penghubung yang mengungkap satu variabel kunci, yakni Prabowo Subianto.

Baca juga : Kolaborasi Prabowo & Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan Via Udara Ke Gaza

Berdasarkan fakta bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, kelancaran pengiriman bantuan ke Gaza harus diakui merupakan berkah dari hubungan baik dan komunikasi meyakinkan Prabowo dengan Raja Yordania.

Diketahui, hubungan hangat Prabowo dengan Raja Yordania sudah berlangsung puluhan tahun. Keakraban mereka terlihat sangat jelas dari ucapan selamat Raja Yordania atas kemenangan Prabowo di Pilpres 2024.

“Kita cetak sejarah untuk pertama kalinya kita bisa menyampaikan bantuan secara langsung melalui udara, berkat hubungan personal Prabowo dengan Raja Yordania yang merupakan sahabat lama,” ungkapnya.

Fahmi mengatakan, tidak hanya memberikan bantuan secara logistik, Prabowo yang juga akan dilantik sebagai presiden pada Oktober 2024 terus mendukung kemerdekaan Palestina melalui forum-forum Internasional.

“Sejauh ini kan misi diplomasi misi diplomatik itu tetap bersuara di forum-forum internasional termasuk PBB untuk sifatnya sepenuhnya sesuai dengan apa yang menjadi komitmen pemerintah selama ini mendukung kemerdekaan Palestina,” katanya.

Jadi, menurut dia, diplomasi Indonesia tetap berjalan sesuai dengan rencana, yakni memperjuangkan kemerdekaan bangsa-bangsa, yang merupakan amanat konstitusi.

Ia memprediksi dukungan Indonesia terhadap Palestina akan semakin menguat setelah Prabowo resmi dilantik menjadi presiden.

Baca juga : Kesuksesan RI Antar Bantuan via Airdropping ke Gaza & Peran Prabowo

Seperti, akan membangun kantor Kedutaan Besar RI di Palestina sebagaimana janjinya saat kampanye.

“Peningkatan itu ya terutama berkaitan dengan penguatan misi diplomatik kemudian pembentukan KBRI segala macam itu kan pasti dilakukan. Artinya yang jelas tidak ada perubahan yang sifatnya menurun dalam konteks komitmen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, pasti meningkat apalagi Prabowo kan punya riwayat hubungan yang cukup panjang juga dengan Timur Tengah,” tukasnya.

Sebagai informasi, operasi penerjunan logistik diikuti oleh sembilan negara, selain Indonesia ada Mesir, Uni Emirat Arab, Perancis, Jerman, Belanda, Inggris dan Yordania sebagai pemimpin iring-iringan pesawat bantuan.

Kolaborasi antara Indonesia dan Yordania diawali saat Prabowo berbincang dengan Abdullah II via telepon, pada Selasa (12/3).

Prabowo saat itu menyampaikan keinginan Jokowi agar Indonesia dapat mengirimkan bantuan langsung ke Gaza.

Kemudian, permintaan tersebut ditindaklanjuti oleh Abdullah II dengan meminta Duta Besar Yordania untuk Indonesia Sudqi Al Omoush bertemu Prabowo di Kementerian Pertahanan, pada Kamis (21/3).

Dia menyampaikan undangan langsung bagi Indonesia dalam partisipasi operasi peluncuran bantuan kemanusiaan ke Gaza via udara.

Baca juga : Warganet Sanjung Prabowo Muluskan Air Dropping Bantuan RI Ke Gaza

"Indonesia mengakui persahabatan abadi dengan Yordania karena kedua negara tetap berkomitmen untuk memupuk perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah, dan meningkatkan kerja sama bilateral untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama," ujar Prabowo.

Selanjutnya, kerja sama antara TNI AU dengan RJAF pun dijalankan untuk melakukan misi dropping bantuan ke Gaza via udara bersama.

Pengiriman bantuan tersebut berangkat dari Jakarta, Jumat (29/3) yang diangkut lebih dulu ke Yordania, baru kemudian diterjunkan dari atas ketinggian dengan pesawat Super Hercules C-130.

Persahabatan Prabowo dan Abdullah II sudah terjalin lama, sejak Prabowo masih menimba ilmu di Fort Benning, salah satu lembaga pendidikan pasukan khusus militer terbaik di dunia, berlokasi di Amerika Serikat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat NEWS24.CO.ID News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : rm.id

Loading...

Related Article