NEWS24.CO.ID

Lifestyle

Bolehkah Pakai Sunscreen Tanpa Pelembap? Ketahui Cara Kerja dan Dampaknya pada Kulit Wajah

NEWS24.CO.ID

Bolehkah Pakai Sunscreen Tanpa Pelembap? Ketahui Cara Kerja dan Dampaknya pada Kulit Wajah Bolehkah Pakai Sunscreen Tanpa Pelembap? Ketahui Cara Kerja dan Dampaknya pada Kulit Wajah
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Setiap jenis skincare, dibuat berdasarkan cara kerja yang berbeda-beda. Seperti moisturizer dan sunscreen, yang mana keduanya memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. 

Tetapi, saat ini banyak sekali pelembap atau moisturizer dengan kandungan SPF. 

Jadi, mana yang lebih baik, pakai pelembap tanpa sunscreen atau bolehkah pakai sunscreen tanpa pelembap?


Read More : Mengenal Kebudayaan Orang Maluku yang Khas Banget

Mengutip penjelasan Ulli Haslacher dilansir Byrdie, Rabu, 30 November, tabir surya atau skincare bukan bahan perawatan tetapi sangat penting untuk perlindungan kulit, terutama kulit wajah. Sunscreen harus diaplikasikan terakhir sebelum memakai riasan. Menurut FDA (Food and Drug Administration), sunscreen diatur sebagai obat sehingga membutuhkan tingkat SPF tertentu agar efektif. Tabir surya juga perlu dipakai ulang setiap 90 menit lamanya terpapar matahari.

Melalui penjelasan singkat tentang fungsi dan cara kerja sunscreen di atas, artinya pelembap tetap diperlukan untuk diaplikasikan pada wajah. 

Kenapa? 

Karena pelembap berfungsi mengunci kelembapan alami, tanpanya kulit bisa kering dan kusam.

Pelembap bekerja dengan menembus kulit dan melewati lapisan paling atas. 

Jikapun pelembap mengandung SPF, misalnya 10-15, tetap perlu memakai sunscreen agar perlindungan terhadap paparan sinar UV lebih optimal. 

Pertama, Anda perlu mengaplikasikan pelembap, dengan atau tanpa SPF. Kemudian, oleskan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih setiap pagi setidaknya 15 menit sebelum terpapar sinar matahari.

Ahli merekomendasikan bahwa pelembap dan sunscreen mesti terpisah. 

Tidak ada pelembap yang benar-benar bisa melindungi kulit dari paparan matahari meski mengandung SPF. 


Read More : Manfaat Bunga Cempaka untuk Kesehatan, Bisa Obati Radang Gusi

Sebaliknya, memakai sunscreen tanpa pelembap tidak bisa mengunci kelembapan kulit. Dampaknya, kulit kering dan tak lagi glowing. Paling optimal, aplikasikan pelembap sebelum mineral sunscreen.

Selain itu, dampak buruk tak memakai pelembap, antara lain, membuat kulit keriput, membuat riasan flaky, bahkan bisa memperparah jerawat.

Nah, kalau Anda suka dengan penampilan flawless, memakai moisturizer juga penting. Karena untuk alas bedak, pelembap termasuk primer jadi harus dipakai sebelum mengaplikasikan seluruh riasan. 

Tetapi, sebelum memakai riasan, jangan sampai melewatkan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

 

***

Loading...

Related Article