NEWS24.CO.ID

International

Dari Edema Hingga Imunitas Menurun, Inilah Dampak Kekurangan Protein Bagi Tubuh Anda

NEWS24.CO.ID

Dari Edema Hingga Imunitas Menurun, Inilah Dampak Kekurangan Protein Bagi Tubuh Anda Dari Edema Hingga Imunitas Menurun, Inilah Dampak Kekurangan Protein Bagi Tubuh Anda
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Protein merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh manusia. Protein berfungsi untuk memproduksi, memulihkan, dan mengoksidasi tubuh serta berperan penting dalam menciptakan enzim yang mencerna makanan. Protein juga merupakan bagian penting dari produksi dan regulasi hormon.

Menurut HealthifyMe , jumlah asupan protein yang disarankan untuk tubuh orang dewasa sehat dengan aktivitas fisik minimal adalah 0,8 gram per kilogram berat badan per hari. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa orang perlu meningkatkan asupan protein seiring bertambahnya usia.


Read More : Serial The World of the Married Versi Indonesia, Mendua Soroti Perselingkuhan Rumah Tangga

Berdasarkan anjuran tersebut, tubuh perlu memenuhi asupan proteinnya. Kekurangan protein dapat menyebabkan berbagai komplikasi dalam tubuh, mulai dari berbagai penyakit yang mengakibatkan defisiensi sistem saraf, masalah metabolisme, kegagalan organ, bahkan kematian. Berikut adalah dampak dari kekurangan protein:

1. Edema

Menurut Healthline , Edema ditandai dengan kulit yang bengkak. Hal ini disebabkan rendahnya jumlah serum albumin dalam tubuh akibat kekurangan protein. Kondisi ini mengurangi tekanan onkotik yang menyebabkan cairan menumpuk di jaringan dan menyebabkan pembengkakan. Kekurangan protein dapat menyebabkan penumpukan cairan di rongga perut, biasanya ditandai dengan perut kembung.

2. Massa otot rendah

Menurut Verywellfit , protein sangat penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan otot. Kekurangan protein menyebabkan melemahnya otot dari waktu ke waktu atau disebut sebagai sarcopenia di kalangan orang tua. Kebutuhan protein untuk orang dewasa meningkat setelah usia 70 tahun dan olahraga juga diperlukan untuk membantu menjaga otot.


Read More : 4 Anggota Cedera Syuting Iklan, Puma Korea Minta Maaf ke NCT 127

3. Kering dan rapuh pada rambut, kuku dan kulit

Dikutip dari Self , kerontokan rambut dapat mengindikasikan status metabolisme zat besi, yang merupakan defisiensi mikronutrien umum akibat kurangnya konsumsi makanan berprotein, terutama daging dan kacang-kacangan. Kekurangan protein juga menyebabkan kuku rapuh dan kulit kering.

4. Imunitas menurun

Imunoglobulin atau antibodi terdiri dari glikoprotein yang bertanggung jawab untuk membunuh bakteri dan melawan bakteri asing lainnya. Dikutip dari HealthifyMe , penurunan protein dapat menyebabkan infeksi bakteri berulang seperti pneumonia, otitis meningitis, dan osteomielitis. Bukan rahasia lagi bahwa pengurangan asupan protein menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

 

***

Loading...

Related Article