NEWS24.CO.ID

Nasional

Cegah Penyebaran Penyakit, Kemensos Sediakan Instalasi Air Bersih di Banten

NEWS24.CO.ID

Cegah Penyebaran Penyakit, Kemensos Sediakan Instalasi Air Bersih di Banten Cegah Penyebaran Penyakit, Kemensos Sediakan Instalasi Air Bersih di Banten
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID , JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini membantu penyediaan fasilitas instalasi air bersih di tujuh kecamatan di Kabupaten Serang, Banten.

Risma mengungkapkan penyediaan fasilitas ini untuk mencegah terjadinya penyakit pada anak-anak.

"Air itu impactnya sangat besar, dampaknya panjang. Jangka pendeknya, ya diare. Untuk jangka panjangnya, kalau dia (air minum) mengandung timbal, anak bisa jadi down syndrome. Belum nanti kena kanker, kalau airnya mengandung pestisida dan lain sebagainya," kata Risma di Kecamatan Kasemen, Serang, Banten Selasa (4/10/2022).

Risma mengatakan bahwa permasalahan air tidak bisa dipandang sebelah mata.

Air bersih, kata Risma, jadi sesuatu yang sangat berdampak pada, bukan hanya kesehatan orang dewasa, tapi juga pertumbuhan anak.

Baca juga: Peduli Anak Yatim, Korlantas Polri Salurkan Sembako ke Panti Asuhan Binaan Hindu di Jakarta Utara

"Sebetulnya, solusi lokal beginilah yang bisa kita selesaikan untuk masyarakat karena impactnya besar. Impact kesehatan, kemudian impact kepada anak-anak, terutama terhadap pertumbuhan anak dan sebagainya, hingga peningkatan kesejahteraan," ucap Risma.

Menurutnya, hal sesederhana mengubah air keruh menjadi air bersih dan siap untuk diminum yang dilakukannya ini menjadi penting untuk didahulukan penanganannya.

"Jadi, ini sangat urgent, menurut saya. Makanya, saya prioritaskan jika ada keluhan air di masyarakat, saya coba dahulukan penanganannya," tutur Risma.

Program air bersih di Kabupaten Serang, yang dibangun dalam kurun waktu empat bulan dengan anggaran mencapai Rp3,1 miliar ini, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

Loading...

Related Article