NEWS24.CO.ID

Nasional

Waspada, Jangan Umbar Data Pribadimu di Ranah Digital

NEWS24.CO.ID

Waspada, Jangan Umbar Data Pribadimu di Ranah Digital Waspada, Jangan Umbar Data Pribadimu di Ranah Digital
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Tabiat mengumbar data pribadi di jagad digital berpotensi membahayakan diri kita sendiri karena data-data tersebut bisa digunakan pelaku kejahatan siber untuk bertindak jahat. Bahkan, menggunakan Wifi publik pun harus penuh waspada karena bisa menjadi jalan masuk kejahatan siber.

Demikian perbincangan yang mengemuka dalam webinar bertema “Lindungi Privasimu! Waspadai akan Rekam Jejak Digital” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Kamis (22/9/2022).

Adapun narasumber yang hadir dalam webinar tersebut adalah dosen Ilmu Komunikasi IAI Dalwa Pasuruan, Muhajir Sulthonul Aziz; pendiri Yayasan Komunitas Open Source, Arief Rama Syarif; serta Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Sulawesi Selatan, Syamsu Rizal.

Muhajir menuturkan, semakin tinggi pemanfaatan teknologi digital, maka literasi digital di masyarakat, khususnya mengenai keamanan digital, harus semakin ditingkatkan.

Baca juga: Pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi Berpotensi Hambat Pekerjaan Pers

Oleh karena itu, ia mengingatkan pengguna digital agar tidak sembarangan membuka situs.

Pasalnya, dari sekian banyak situs yang beredar di dunia maya, ada yang merupakan situs resmi dan situs yang berpotensi menjadi pintu masuk kejahatan siber.

“Cukup sederhana untuk mengenali keaslian sebuah situs. Misalnya, cek nama domain dan evaluasi URL situs web, perhatikan penggunaan bahasa atau kalimat pada situs tersebut, gunakan pemindaian antivirus, atau periksa apakah ada kontak yang bisa dihubungi atau tidak,” katanya.

Muhajir juga mengingatkan beragam jenis malware yang mengancam selama kita berselancar di dunia digital. Antara lain, virus, worm, trojan house, ransomware, atau spyware.

Ancaman lainnya adalah phishing dan scam.

Ancaman phishing adalah upaya untuk mendapatkan informasi penting dengan teknik pengelabuan sebuah situ.

Sumber : TRIBUNNEWS.COM

Loading...

Related Article