NEWS24.CO.ID

Health

Kementerian Kesehatan : Monkeypox Belum Terdeteksi di Indonesia:

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Juru bicara penanganan COVID-19 Kementerian Kesehatan, Moh. Syahril mengatakan, hingga saat ini belum ada kasus monkeypox yang terkonfirmasi di Indonesia.

Kasus penyakit virus ini pertama kali ditemukan pada 6 Mei 2022 di Inggris dan telah menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.


Read More : Kebiasaan Mengangkat Benda Berat atau Mengejan Terlalu Kuat Bisa Menimbulkan Terjadinya Hernia

“Alhamdulillah (Alhamdulillah), sampai saat ini belum ada kasus monkeypox di Indonesia. Sebelumnya ada sembilan kasus suspek namun setelah dilakukan pemeriksaan PCR, sembilan orang dinyatakan negatif monkeypox,” kata Syahril dalam keterangan pers, Rabu, 27 Juli 2022.

Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa 17.156 orang di 75 negara dipastikan terinfeksi cacar monyet hingga Rabu. Spanyol mencatat jumlah kasus tertinggi, diikuti oleh Amerika Serikat dan Prancis.

Meski demikian, Syahril mengaku pihaknya telah melakukan berbagai upaya mitigasi untuk mengantisipasi masuk dan menyebarnya penyakit cacar monyet di Nusantara, seperti memperkuat pengawasan di pintu masuk darat, laut, dan udara.


Read More : Kesalahan yang Sering Ditemui Saat Minum Obat, Salah Satunya Tidak Paham Dosis yang Tepat

Seluruh dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, Otoritas Kesehatan Pelabuhan (KKP), laboratorium, rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya meningkatkan kewaspadaan, terutama setelah WHO menyatakan wabah cacar monyet global sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (PHEIC). ) pada 23 Juli 2022.

Dua fasilitas laboratorium juga siap untuk melakukan penyelidikan epidemiologis monkeypox, yakni Institut Pertanian Bogor atau Pusat Studi Hewan Primata IPB di Bogor dan Laboratorium Penelitian Penyakit Menular Prof Dr Sri Oemijati di BKPK Kementerian Kesehatan.

Syahril mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menghindari keramaian, mencuci tangan dengan sabun/alkohol, menggunakan masker, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sama halnya dengan upaya penanganan pandemi COVID-19, mematuhi protokol kesehatan merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi monkeypox mengingat karakteristiknya yang hampir sama. Monkeypox adalah penyakit yang sembuh sendiri dengan gejala yang berlangsung dari 2 hingga 4 minggu. Hingga saat ini, belum ada obat atau vaksin khusus untuk penyakit virus tersebut.

“Jika mengalami demam dan ruam, silakan periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat,” kata Syahril.

Loading...

Related Article