NEWS24.CO.ID

Lifestyle

Survei Populix : Konsumen Lebih Memilih Mobile Banking, E-Wallet Untuk Transaksi

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Perusahaan riset Populix merilis survei terbaru tentang preferensi konsumen terhadap aplikasi perbankan dan e-wallet yang menemukan 64 responden memiliki aplikasi perbankan dan layanan keuangan di perangkat seluler mereka. 

Mereka juga menemukan bahwa 91 persen responden memiliki aplikasi mobile banking sementara 84 persen sudah memiliki akun e-wallet, dan 33 persen telah menginstal aplikasi perbankan digital. 


Read More : Pendidikan Berlandaskan Kitab Suci Meningkatkan Keterampilan Literasi

Menurut Co-Founder & CEO Populix, Timothy Astandu, percepatan transformasi digital yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir terus berdampak pada berbagai industri, termasuk sektor perbankan dan keuangan.

“Hal ini juga terlihat dari semakin banyaknya aplikasi perbankan dan jasa keuangan yang semakin berkembang untuk menjawab berbagai kebutuhan pengguna,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Juli.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa mobile banking dan e-wallet masih menjadi dua saluran pembayaran pilihan bagi responden dari segala usia, sedangkan perbankan digital lebih populer di kalangan responden yang sudah dewasa.

Alasan seperti kepraktisan, efisiensi waktu, dan kemudahan penggunaan aplikasi menjadi pendorong utama responden lebih memilih mobile banking dan digital banking. Sedangkan untuk e-wallet, selain kepraktisan, responden menyatakan menggunakan platform ini karena merupakan layanan terintegrasi dengan platform e-commerce, dan menawarkan promo cashback.


Read More : Saksi-Saksi Yehuwa di Pekanbaru Riau Mengadakan Kegiatan Khusus Global untuk Membagikan Berita Harapan

Survei Populix melibatkan 637 responden berusia antara 18-35 tahun yang berdomisili di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, dan lainnya. 

Hasil survei juga menemukan bahwa BCA Mobile menjadi aplikasi mobile banking utama pilihan bagi 60 persen responden, lainnya menggunakan BRI Mobile (26%), Livin' by Mandiri (25%), dan mobile banking BNI (23%). Pada kategori digital banking, Bank Jago (46%) menempati posisi teratas, disusul Neobank (40%) dan Jenius (32%). Sementara itu, pada kategori e-wallet, GoPay (88%) dan Dana (83%) merupakan aplikasi yang saat ini digunakan oleh mayoritas responden, disusul oleh OVO (79%) dan ShopeePay (76%).

Loading...

Related Article