NEWS24.CO.ID

Lifestyle

6 Tanda Orang yang Tangguh dan Sehat Secara Mental, Anda Termasuk?

NEWS24.CO.ID

Foto : VOI Foto : VOI
www.jualbuy.com
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Seseorang yang tangguh dapat menangani tantangan hidup. Sesulit apapun persoalan yang dihadapi, mereka memiliki ketahanan mental yang terus menerus terbangun sehingga menjadi lebih baik.

Seperti yang telah banyak dipahami bahwa hidup penuh dengan ketidakpastian. Bahkan ketika telah merencanakan satu hal, tak jarang melenceng dari yang direncanakan. Menurut Carla Shuman, Ph.D., pendiri dan direktur Mindful Solutions di Virginia serta psikolog klinis, berikut hal-hal yang perlu dilakukan orang tangguh dan sehat secara mental.


Read More : Tradisi Unik Warga Trenggalek, Pasang Reklame Bukan untuk Pilkada tapi Pengumuman Hajatan

1. Mengenali hal-hal dalam kendali ataupun yang tak dapat diubah

Banyak orang cenderung fokus pada hal-hal yang sulit diluar kendali dan tak dapat diubah. Ini akan menahan langkan seseorang untuk maju. Bahkan tak jarang membuat kecewa dan terjebak dalam keputusasaan. Sebaliknya, mengenali hal-hal yang dapat dikendalikan bisa membuat kita merasa berdaya. Kita mulai percaya diri dan menyadari bahwa hal-hal yang dapat kita lakukan untuk membuat hidup lebih baik.

2. Jarang berpikiran sinis

Bersikap analitis dan sinis berbeda jauh. Sarkasme atau sinis bagi seseorang bisa jadi cara untuk mengatasi kekecewaan hidup. Tetapi bersikap sini membuat seseorang terjebak pada hal-hal yang tidak akan pernah berubah. Pandangan sinis tidak akan mengarah pada sudut pandang optimis, ungkap Shuman dilansir Psychology Today, Rabu, 22 Juni.

tanda orang yang tangguh dan sehat secara mental

3. Memilih pertemanan yang positif

Ada kalanya kita menemukan orang yang membuat diri kita merasa buruk. Mereka menjatuhkan secara emosional bahkan meyakinkan tidak akan mencapai tujuan hingga tak dapat menjadi yang terbaik. Orang yang tangguh dan sehat secara mental tahu betul mana teman atau relasi yang suportif.

4. Memiliki orang-orang yang satu visi

Misi mungkin bisa berbeda, tetapi dengan memiliki lingkaran yang sama visi dapat membuat seseorang menjalani kehidupan lebih baik. Shuman menggambarkan, setiap orang dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar mereka. Baik itu teman, anggota keluarga, rekan kerja, dan orang penting yang mempengaruhi kita memandang dunia. Nah, orang yang sehat secara mental pasti memiliki perilaku dan suasana hati positif. Dan ini dipengaruhi oleh orang-orang yang berada di sekitarnya.


Read More : Agar Hubungan Seksual Memuaskan, Coba Rutin Lakukan 3 Olahraga Ini

5. Bisa membela diri ketika tidak diperlakukan dengan baik

Selain berkaitan dengan boundaries, seseorang yang tangguh tahu betul cara berkomunikasi agar dapat didengar dan dipahami. Terkadang, ini merupakan bentuk pembelaan diri ketika diperlakukan tidak secara baik.

6. Memiliki empati

Meski perlu membangun batasan untuk menjaga diri sendiri dan mengutamakan prioritas pribadi, tetapi hidup tidak bisa terpisah dari orang lain. Kadang juga diperlukan rasa empati berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan orang lain. Itu artinya, memiliki hubungan sehat sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. Seseorang tak perlu berkorban untuk membangun lingkungan sehat secara mental, cukup menunjukkan kepedulian dan memahami orang-orang di sekitar Anda.

Dengan memiliki keenam tanda di atas, seseorang bisa bertahan dan memiliki kesehatan mental. Apakah Anda termasuk memiliki enam hal di atas?

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article