NEWS24.CO.ID

Nasional

BMKG : Gempa M6.5 Guncang Timor Leste dan Alor

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Jumat 27 Mei mencatat gempa bumi  melanda Timor Leste dan getarannya terasa hingga wilayah Nusa Tenggara Timur Indonesia; Alor dan Kupang. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,5. 

Badan tersebut melaporkan bahwa pusat gempa terdeteksi 85 kilometer Barat Daya pantai Maluku, pada kedalaman 104 kilometer. 


Read More : Alhamdulillah Rupiah Menguat Pagi Ini Ke Rp 16 165

Guncangan paling kuat dirasakan di Timor Leste pada level V skala MMI, sedangkan di Alor terukur IV MMI. Sementara itu, gempa yang dirasakan di Kupang kekuatannya lebih rendah pada level II skala MMI. 

Pusat gempa berada di laut, di mana guncangan terasa skala MMI III-IV di Alor dan skala II di Kupang.


Read More : Prabowo Gibran Tiba Di Gedung KPU

Sebagai informasi, skala II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III-IV berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, dan/atau dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Belum ada informasi terkait potensi tsunami pada akun Twitter BMKG itu saat diakses pukul 10.06 WIB. BMKG mencatat pusat gempa di permukaan bumi atau episentrum berada di laut 85 kilometer Barat Daya dari Maluku Barat Daya, sementara hiposentrum atau kedalaman ada pada 104 kilometer.

 

Loading...

Related Article