NEWS24.CO.ID

Lifestyle

Sandal Upanat; Alas Kaki Khusus untuk Mengunjungi Candi Borobudur

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Wisatawan akan diwajibkan memakai sandal khusus yang dijuluki upanat saat berkunjung ke Candi Borobudur . Penggunaan sandal khusus dimaksudkan untuk melestarikan struktur candi Budha terbesar di dunia itu.

Pemerintah telah meluncurkan uji coba penggunaan upanat. Deputi Sekretaris Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rustam Efendi mengatakan sandal yang didesain khusus diperlukan untuk mencegah kerusakan pada batu candi.


Read More : Pendidikan Berlandaskan Kitab Suci Meningkatkan Keterampilan Literasi

“Kalau tidak ada tindakan preventif, dikhawatirkan warisan dunia yang kita banggakan ini akan rusak,” kata Rustam, Rabu, 26 Januari.

Menurutnya, sandal upanat ringan dan nyaman dipakai meski terbuat dari anyaman daun pandan.


Read More : Saksi-Saksi Yehuwa di Pekanbaru Riau Mengadakan Kegiatan Khusus Global untuk Membagikan Berita Harapan


Rustam juga menjelaskan bahwa sandal yang diproduksi oleh masyarakat sekitar membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat. “Sandal ini tidak didatangkan dari daerah lain, tetapi dibuat oleh masyarakat lokal dengan bahan baku lokal,” ujarnya.

Dengan berbagai dampak tersebut, Rustam berharap masyarakat yang tinggal di sekitar Candi Borobudur dapat merasakan manfaat dari lokasi wisata tersebut.

Loading...

Related Article