NEWS24.CO.ID

Health

8 Tanda dan Gejala Kekurangan Kalsium

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kekurangan kalsium berdampak besar bagi tubuh. Jika diabaikan, dapat menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari rakhitis, osteoporosis hingga kejang. Kekurangan kalsium dapat disebabkan oleh asupan kalsium yang buruk atau intoleransi terhadap makanan kaya kalsium. Bagi wanita, perubahan hormonal dan faktor genetik tertentu juga dapat mempengaruhi kondisi ini.

Ada beberapa tanda umum kekurangan kalsium seperti masalah gigi, kelelahan terus menerus, kulit kering hingga kram otot. Jika Anda merasa demikian, mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi banyak kalsium.

"Kekurangan kalsium terutama terlihat pada anak-anak dan orang dewasa, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebagai salah satu mineral terpenting, kalsium dibutuhkan untuk tulang, gigi, saraf, otot, dan jantung," kata Dr Niranjan Naik, konsultan patologi. dari India, seperti dikutip dari Hindustan Times, Rabu, 12 Januari.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan


Kekurangan juga disebut hipokalsemia dan dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Berikut ini adalah tanda-tanda kekurangan kalsium yang harus diwaspadai:

- Sensasi Kesemutan 

Di antara tanda-tanda umum hipokalsemia, kesemutan bisa dirasakan di tangan dan kaki. Setiap saraf dalam tubuh membutuhkan kalsium, dan jika tidak terpenuhi, ia akan mengirimkan sinyal.

- Kelelahan 

Kadar kalsium yang buruk seringkali mengakibatkan kelelahan dan membuat seseorang tidak bisa tampil maksimal.

- Kram 

Seseorang yang kekurangan kalsium mungkin akan mengalami kesulitan otot seperti kram, kejang bahkan melemah karena otot tidak mampu mempertahankan fungsinya.

- Kejang 

Otak membutuhkan kadar kalsium yang optimal untuk melepaskan neurotransmiter, sementara otot membutuhkannya untuk berkontraksi. Hipokalsemia dapat menyebabkan kejang karena menggairahkan otak.

- Osteoporosis 

Akibat lain dari hipokalsemia adalah osteoporosis, di mana kepadatan mineral tulang menurun sehingga membuat tulang rapuh dan meningkatkan risiko patah tulang.

- Kulit Kering 

Ketika kalsium rendah, kulit tidak akan mampu mempertahankan kelembapannya.


Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

- Masalah Gigi 

Banyaknya masalah gigi dapat terjadi karena kekurangan kalsium, seperti akar yang lemah, gigi yang berlubang dan lainnya karena tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi.

- Rakhitis 

Anak-anak dengan asupan kalsium yang buruk dapat mengalami gangguan pertumbuhan tulang yang disebabkan oleh tulang yang rapuh, seperti tulang yang terkilir dan salah tempat.

Loading...

Related Article