NEWS24.CO.ID

Health

Inilah Makanan Yang Sangat Kaya Omega-3

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Kunci kulit sehat dan cerah bukan hanya produk dan perawatan mahal, tetapi juga mengisi tubuh dengan makanan bergizi dalam waktu lama. Makanan dengan lemak tak jenuh, terutama yang mengandung omega-3 khususnya penting untuk diet seimbang dan kulit yang lebih sehat.

Dikutip dari Well and Good , dokter kulit Marisa Kardos Garschick mengatakan bahwa lemak dan omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki dehidrasi kulit. Hal ini juga dapat membantu untuk mengobati jerawat, psoriasis dan eksim.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 mampu mengurangi gatal, peradangan, dan kerak pada seseorang yang menderita psoriasis. Selain itu, mengkonsumsi omega-3 dapat mendukung dan memperbaiki kondisi jantung, mengurangi lemak hati dan melawan depresi.

Berikut makanan yang mengandung omega-3 untuk menjaga kulit Anda:

1. Ikan berlemak, termasuk Salmon, Tuna, Mackerel dan Sarden

Menurut ahli diet Amanda Baker Lemein, banyak ahli gizi merekomendasikan untuk memasukkan dua piring ikan berlemak dalam seminggu ke dalam diet Anda karena dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV.

2. Minyak Tumbuhan, termasuk Alga, Walnut, dan Minyak Biji Lini

Tiga asam utama dalam omega-3, asam alfa-linolenat (APA), eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DPA) terkenal karena manfaat kesehatannya seperti mengurangi penanda penyakit jantung. Omega 6 juga merupakan lemak asam, terutama ditemukan dalam minyak nabati dan makanan barat. Untuk menjaga keseimbangan asam serta lemak tak jenuh, para ahli menganjurkan untuk makan lebih banyak omega-3, yang sering dimakan di bawah porsi normal.

3. Biji-bijian, Kacang-kacangan termasuk Chia, Biji Rami dan Walnut

Benih Chia dan Linseed mungkin kecil, tapi kaya Omega-3 . Biji rami juga kaya akan magnesium, tiamin dan serat yang baik Sedangkan Chia lebih kaya serat dan protein.

Menurut dr. Garshick, penelitian yang berbeda menghasilkan dosis asupan omega-3 yang diperbolehkan berbeda dan saat ini belum ada rekomendasi umum. Namun, orang umumnya mengonsumsi EPA dan DPA gabungan 250 hingga 500 mg sehari. Recommended Dietary Allowed (RDA) untuk ALA masing-masing adalah 1,1 dan 1,6 gram untuk wanita dan pria.


Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

Panduan diet untuk orang Amerika, merekomendasikan 500 mg minyak ikan per hari, atau kira-kira dua piring ikan berlemak per minggu. Garshick juga merekomendasikan makan makanan yang mengandung omega-3 secara rutin dan dalam dua sampai tiga bulan dapat memperbaiki kulit Anda.

Pepatah lama "sabar adalah kuncinya" benar-benar diterapkan dalam perawatan kulit. Konsistensi dan gaya hidup sehat penting untuk kesehatan kulit jika tidak, tidak akan ada perbaikan. “Tetap dehidrasi, tidur nyenyak, makan makanan seimbang dan pakai sunblock,” kata dr. Garsick.

Loading...

Related Article