NEWS24.CO.ID

Economy

PNBP Mineral dan Batubara Indonesia Mencatat Rekor Tertinggi

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Penerimaan Negara Bukan Pajak Indonesia dari mineral dan batubara sektor menetapkan rekor tinggi tahun ini. Hingga 10 Desember, angka tersebut telah mencapai Rp70,05 triliun atau 179,14 persen dari target APBN yang hanya Rp39,1 triliun.

"Ini pencapaian PNBP tertinggi sejauh ini," kata Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Muhammad Wafid dalam konferensi pers, Selasa, 21 Desember.


Read More : Mamangbet Situs Paling Bagus Depo 5000 Aja Jepe Terus

Wafid mengatakan, hal ini tidak hanya disebabkan oleh kenaikan harga komoditas pertambangan, khususnya batu bara, tetapi juga disebabkan oleh pengelolaan pemerintah. “Karena kami mengamanatkan kepada seluruh wajib pajak untuk segera membayar pajaknya sebagai kewajiban kepada negara,” ujarnya.

Meski harga batu bara melambung, produksi dalam negeri justru melambat. Target volume produksi tahun 2021 sebesar 625 juta ton, namun hingga 10 Desember baru mencapai 560 juta ton atau 89,6 persen.


Read More : Cara Budidaya Lobster Air Tawar di Lahan Terbatas, Mulai dari Pembenihan hingga Panen


Sementara itu, investasi di mineral dan batubara sektor terus berada pada tren menurun. Hingga 10 Desember, realisasi investasi mencapai US$3,5 miliar, baru 81,3% dari target. Ini juga merupakan investasi terendah dari sektor tersebut selama lima tahun terakhir, yang menurut Wafid merupakan dampak dari pandemi.

Loading...

Related Article