NEWS24.CO.ID

Nasional

Ratusan Rumah di Malang Tergenang Setelah Hujan Deras Selama Satu Jam

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Kota Malang Jawa Timur menyebabkan banjir, merendam sedikitnya 230 rumah dan mengganggu jalan raya di Kecamatan Blimbing, Purwantoro, dan Bunulrejo Kecamatan Blimbing pada Selasa, 19 Oktober.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang melaporkan, banjir disebabkan cuaca ekstrem yang mengakibatkan curah hujan dengan intensitas tinggi mulai pukul 13.15 hingga 14.45 waktu setempat.


Read More : INACA Sebut Iuran Pariwisata Bisa Bebani Maskapai Dan Masyarakat

“Sedikitnya 230 keluarga terkena dampak banjir. Hujan deras juga menyebabkan kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan yang banyak kendaraan yang mogok. Tempat-tempat bisnis dan rumah-rumah dipenuhi lumpur. Saat ini banjir sudah surut,” kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam siaran pers, Rabu, 20 Oktober.

Dia mengatakan tim respon cepat BPBD telah dikerahkan untuk melakukan penilaian kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terkena dampak di daerah tersebut, serta pembersihan material dan limbah akibat banjir.


Read More : Eks Dirjen ESDM Ridwan Djamaluddin Divonis 3 5 Tahun Penjara

Berdasarkan platform indeks risiko bencana BNPB yang dijuluki InaRISK, potensi banjir di Kota Malang dalam kategori sedang hingga tinggi. Wilayahnya meliputi lima kecamatan, yaitu Kedungkandang, Sukun, Klojen, Blimbing, dan Lowokwaru.

Lebih lanjut BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap banjir lagi jika hujan dengan intensitas tinggi berlangsung lebih dari satu jam. Badan tersebut juga mengingatkan bahwa upaya antisipatif seperti optimalisasi dan pembersihan saluran air perlu dilakukan, serta ranting-ranting pohon yang berpotensi patah saat hujan dan angin kencang perlu dipangkas.

Loading...

Related Article