NEWS24.CO.ID

Nasional

Gempa Berkuatan 4,8 M Guncang Yogyakarta Hari Ini

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Gempa berkekuatan 4,8 magnitudo pada skala Richter mengguncang Yogyakarta saat ini jam 12:47 waktu setempat. Warga di Kabupaten Gunungkidul mengaku sangat merasakan getaran tersebut.

“Gempa gempa kali ini cukup kuat. Meja-meja bergetar hebat,” kata Hidayat, warga Wonosari Gunungkidul. Namun, dia mengaku rumah-rumah di desanya tidak bergoyang, melainkan hanya perabotannya saja.


Read More : Naik Rp 10 000 Harga Emas Dibanderol Rp 1 345 000 Per Gram

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Ikhsan melaporkan gempa tektonik tersebut berpusat di laut pada 78 kilometer barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, atau tepatnya pada 8,87 derajat lintang selatan dan 110,97 derajat bujur timur dan pada kedalaman 55 kilometer. 

Ikhsan mengatakan itu adalah gempa dangkal. “Ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Eurasia terhadap Lempeng Indo-Australia di selatan Jawa.”


Read More : Tekuk Australia 1 0 Erick Thohir Terpukau Dengan Timnas Indonesia

Guncangan gempa dirasakan di Pacitan, Wonogiri, dan Trenggalek dengan skala III MMI. “Getarannya terasa di dalam rumah seperti ada truk lewat,” tambahnya.

Getaran di Kota Yogyakarta terdeteksi melemah pada level II skala MMI. “Ada gempa susulan pada pukul 12.40 WIB,” kata Ikhsan.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak berdasar. “Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa dan tidak ada kerusakan akibat goncangan sebelum kembali ke rumah.”

Loading...

Related Article