NEWS24.CO.ID

Nasional

Pertolongan Pertama Untuk Cedera Terkait Benda Tajam yang Berkarat

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Anda mungkin pernah mengalami cedera dalam hidup Anda, salah satu yang terburuk adalah terluka oleh benda berkarat. Itu bisa berupa paku berkarat yang berserakan di tanah, ujung tajam dari gerbang atau pintu tua, atau benda logam berkarat lainnya yang mungkin tidak Anda sadari di sekitar Anda. 

Benda tajam yang berkarat dapat menyebabkan luka baik luka sayat maupun luka tusuk. Tetanus dapat disebabkan oleh cedera yang tidak diobati terkait dengan benda berkarat. Mengutip Healthline.com , perawatan pertolongan pertama setelah kuku tertusuk atau luka akibat benda tajam berkarat bisa mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi.


Read More : Mendekati Tahun Baru: Jakarta Peringatkan Potensi Gelombang Ketiga Covid-19

1. Cuci tangan
Sangat penting untuk dicatat untuk mencuci tangan Anda sebelum merawat semua jenis luka. Kuman seperti bakteri bisa masuk ke tubuh Anda melalui luka. Bersihkan tangan Anda dengan air sabun hangat setidaknya selama 20 detik dan kemudian keringkan tangan Anda dengan kain bersih.

2. Hentikan pendarahan
Tusukan kuku atau luka iris sebagian besar menyebabkan pendarahan sementara beberapa kasus tidak. Jika terjadi pendarahan, berikan tekanan lembut untuk menghentikan pendarahan dan meningkatkan pembekuan. Ingatlah untuk bersikap lembut, karena terlalu banyak tekanan dapat memperburuk rasa sakit dan pendarahan.

3. Bersihkan luka
Paku di tanah mungkin mengandung bakteri atau kuman lain yang dapat membuat Anda sakit, terutama jika kotor atau tertutup karat. Membersihkan luka Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah komplikasi seperti tetanus , infeksi bakteri yang serius. Bakteri penyebab tetanus dapat ditemukan pada kotoran, debu, atau kotoran hewan.

Untuk membersihkan luka tusukan dengan benar, bilas luka dengan air bersih selama sekitar 5 hingga 10 menit. Ini membantu menghilangkan kotoran dan kotoran yang terlepas. Kotoran dapat berupa kotoran atau potongan kain dari kaus kaki Anda. Selain itu, bersihkan kulit di sekitar luka dengan lembut menggunakan sabun, air, dan waslap.


Read More : Sekolah Di Bandung Diliburkan Setelah Penemuan Kasus Covid-19

4. Oleskan krim antibiotik
Membersihkan itu penting tetapi itu tidak cukup. Anda juga harus melindungi tusukan untuk mencegah infeksi. Setelah membersihkan dan mengeringkan luka Anda, oleskan lapisan tipis krim antibiotik topikal seperti Neosporin.

5. Tutupi luka
Butuh beberapa hari untuk menyembuhkan cedera Anda. Selama waktu ini, bungkus dengan perban untuk melindungi dan menjaganya tetap bersih. Terlepas dari langkah-langkah pertolongan pertama yang disebutkan di atas, ganti perban Anda setidaknya sekali sehari, sebaiknya setelah mandi. Tunggu sampai pendarahan berhenti sebelum memasang perban.

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article