NEWS24.CO.ID

Nasional

Bali Dibuka Kembali, Inilah 6 Negara yang Disetujui Untuk Koridor Perjalanan Internasional

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Selasa mengumumkan bahwa pulau wisata internasional populer Bali akan segera dibuka untuk wisatawan internasional mulai 14 Oktober.

Ia mengatakan, setidaknya ada 6 negara yang telah menjalin komunikasi dengan Indonesia terkait rencana ini. Mereka akan menjadi negara pertama yang warganya diizinkan berkunjung ke Bali di tengah pandemi Covid-19. 


Read More : Mendekati Tahun Baru: Jakarta Peringatkan Potensi Gelombang Ketiga Covid-19

“Enam negara yang boleh dikunjungi wisatawannya ke Indonesia adalah Korea Selatan, Jepang, China, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan Selandia Baru,” tulis Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, 12 Oktober.

Pemerintah Indonesia mengadopsi skema pariwisata Thailand yang dikenal sebagai Phuket Sandbox untuk menentukan negara mana yang memiliki lampu hijau untuk mengunjungi Bali. Skema tersebut membentuk pengaturan koridor perjalanan multilateral (TCA) dengan negara-negara yang berisiko rendah dalam penyebaran Covid-19.


Read More : Sekolah Di Bandung Diliburkan Setelah Penemuan Kasus Covid-19

Selain enam negara di atas, pemerintah berencana menambah koridor perjalanan ke Hongaria, Prancis, Spanyol, Polandia, Belanda, Inggris, Italia, Singapura, Austria, Jerman, Belgia, Australia, Norwegia, Denmark, Swedia, dan Rusia. 

Sandiaga Uno mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Satgas Covid-19, serta Kementerian Luar Negeri dalam menentukan dan menyetujui warga negara asing mana saja yang boleh masuk ke Bali.

Berbeda dengan pernyataan Sandiaga, Menteri Koordinator Bidang Kelautan dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada 18 negara dengan izin untuk memiliki warganya perjalanan ke Bali. 

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article