NEWS24.CO.ID

Health

Indonesia Rekam Indeks Pemulihan Covid-19 yang Baik, Tapi Tidak Dalam Angka Kematian

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Profesor Tjandra Yoga Aditama Fakultas Kedokteran Jurusan Pulmonologi dan Kedokteran Pernafasan Universitas Indonesia, Senin, mengungkapkan indeks pemulihan Covid-19 di Indonesia terbilang mengagumkan bahkan melebihi negara ASEAN lainnya.

Namun, ia menyatakan bahwa itu tidak sejalan dengan angka kematian Covid yang dicatat oleh Universitas Johns Hopkins. Profesor tersebut menegaskan bahwa Indonesia perlu bekerja lebih keras untuk menurunkan angka kematian tersebut.


Read More : Daun Sirsak, Obat Alternatif Untuk Mengontrol Gula Darah

Dari sisi indeks pemulihan, laporan Indeks Pemulihan Nikkei pada 6 Oktober yang melibatkan 120 negara menempatkan Indonesia di peringkat ke-54, hampir sejajar dengan India yang menempati peringkat ke-40 dalam indeks yang sama. India berhasil pulih dari lonjakan Covid-19 pada pertengahan tahun ini. 

"Negara ASEAN lainnya di bawah kita dengan Malaysia di 102, Myanmar di 105, Thailand di 109, Vietnam 118, Laos 120, Filipina 121, dan Singapura di 70," katanya kepada Tempo pada 11 Oktober.


Read More : Cara Mengobati Luka Diabetes Bernanah, Sabar Jadi Kunci Utama

Profesor juga mencontohkan Bloomberg Resilience Index yang menempatkan Indonesia pada posisi ke-53 pada 28 Juli yang termasuk dalam peringkat terbawah. Namun secara bertahap meningkat menjadi 49 pada 28 September.

Namun, ia menegaskan sistem penilaian tersebut tidak sejalan dengan angka kematian Covid-19 yang dicatat oleh John Hopkins University yang pada September lalu menunjukkan Indonesia sebagai 20 negara paling terdampak pandemi. Data 9 Oktober menunjukkan angka kematian Indonesia atau case-fatality ratio (CFR) terpantau sebesar 3,4 persen dari total jumlah kasus. 

Negara-negara ASEAN lainnya telah mencatat tingkat kematian yang jauh lebih rendah ; Vietnam (2,4 persen), Filipina (1,5 persen), Malaysia (1,2 persen), dan Thailand (1,0 persen). India juga mencatat tingkat kematian yang lebih rendah dengan 1,3 persen. 

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article