NEWS24.CO.ID

Health

Wakil Menteri Kesehatan : Varian Mu Covid-19 Belum Terdeteksi di Indonesia

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan varian Covid-19 Mu belum terdeteksi di Indonesia. “Kami telah melakukan sekuensing genom pada 7.000 orang di seluruh Indonesia dan belum ada varian Mu yang terdeteksi,” kata Dante dalam konferensi pers online di Jakarta, Senin, 6 September.

Menurutnya, varian baru itu pertama kali ditemukan di Kolombia. Berdasarkan data laboratorium, varian tersebut resisten terhadap vaksin. “Tapi itu tidak dalam konteks epidemiologis,” tambah Dante.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Semakin lama pandemi berlangsung dan jumlah kasus bertambah, menurutnya, virus akan terus bermutasi. Ia berharap varian Mu akan hilang seperti varian Lambda yang terjadi beberapa waktu lalu di Peru.

Menurut dia, penurunan kasus Covid-19 di Indonesia menjadi peluang untuk memperkuat ketahanan medis di tanah air. “Kita tidak boleh lengah karena kasusnya menurun. Ini saatnya kita memperkuat ketahanan medis,” kata Dante.


Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

Rumah sakit harus meningkatkan kualitas pelayanan, mengoptimalkan protokol, dan mengevaluasi kembali penanganan Covid-19 dengan baik. “Agar ke depan, ketika menghadapi kasus yang parah, kita akan mendapatkan protokol yang lebih baik,” kata Dante tentang antisipasi varian Covid-19 Mu .

Loading...

Related Article