NEWS24.CO.ID

International

Isu Taliban Paksa Intelijen Indonesia Awasi Kelompok Teroris Merebak, Ini Faktanya...

NEWS24.CO.ID

Foto : Tempo Foto : Tempo
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, Jumat mengatakan pihaknya aktif melakukan pemantauan deteksi dini terhadap kelompok teroris di Indonesia yang dekat dengan sel-sel Taliban , terutama setelah maraknya pemberitaan tentang Jatuhnya Kabul ke pemerintahan Taliban. 

“Menyusul kemenangan Taliban atas Afghanistan, BIN bersama badan intelijen lainnya terus mengawal dan memperkuat upaya deteksi dini dan pencegahan kelompok teroris yang memiliki kedekatan dengan ideologi Taliban,” kata Purwanto dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 Agustus 2021.


Read More : Serial The World of the Married Versi Indonesia, Mendua Soroti Perselingkuhan Rumah Tangga

Ia menjelaskan, pergerakan kelompok teroris di Indonesia sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan dalam skala global dan regional. “Saat ISIS mendeklarasikan negara di Irak pada tahun 2014, beberapa orang Indonesia tertarik untuk menjadi bagian dari Negara Islam di Irak dan Suriah.”

Purwanto meyakinkan bahwa Intelijen Negara terus memantau perkembangan di Afghanistan, meskipun kelompok itu berjanji untuk tidak mengganggu misi diplomatik asing di negara itu.


Read More : 4 Anggota Cedera Syuting Iklan, Puma Korea Minta Maaf ke NCT 127

“Pemerintah Indonesia sedang memantau situasi keamanan di Afghanistan ,” katanya. “Keselamatan WNI dan staf KBRI adalah prioritas utama kami. Sejauh ini, kondisi mereka di Afghanistan aman dan terjamin.”

Loading...

Related Article