NEWS24.CO.ID

Nasional

Sepertiga Kematian Covid-19 di Indonesia Terjadi di Bulan Juli

NEWS24.CO.ID

Foto : Jakarta Globe Foto : Jakarta Globe
www.jualbuy.com

NEWS24.CO.ID - Indonesia telah mengalami periode terburuk dari pandemi Covid-19 dengan jumlah kematian bulanan tertinggi dan kenaikan paling tajam dalam kasus baru yang dikaitkan dengan varian Delta sepanjang Juli.

Selama empat minggu terakhir, Indonesia telah mencatat 30.168 kematian terkait Covid, mewakili sepertiga dari total penghitungan, kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Nasional Wiku Adisasmito dalam konferensi video, Kamis.

“Sebagai perbandingan, jumlah kematian bulanan tertinggi sebelumnya adalah 7.913 yang tercatat pada Juni, sehingga angka saat ini sangat tinggi,” kata Wiku.

Korban tewas harian telah mencapai 1.000 sejak 16 Juli, termasuk rekor 2.069 kematian pada Selasa.


Read More : Gugus Tugas Serukan Kewaspadaan Cegah Gelombang Ketiga COVID-19

Ada sedikit tanda bahwa penguncian yang diperpanjang membantu mengurangi infeksi Covid-19 ketika negara itu kembali melaporkan di antara kenaikan tertinggi di dunia dalam kasus baru dan kematian pada hari Kamis.

Negara berpenduduk 272 juta ini telah mencatat 43.479 kasus dalam 24 jam terakhir sehingga totalnya menjadi 3,3 juta, angka pemerintah menunjukkan.

1.893 kematian lebih lanjut menjadikan jumlah total kematian Covid-19 menjadi 90.552, dalam waktu empat hari sebelum penguncian yang diperpanjang berakhir. Indonesia telah kembali ke pembatasan sejak 3 Juli karena varian Delta yang sangat menular mulai menjadi jenis dominan dalam wabah di negara itu.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo memutuskan pekan lalu untuk memperpanjang penguncian satu minggu lagi, tetapi angka saat ini menunjukkan bahwa batas waktu 2 Agustus terlalu dini. Sekitar 25 persen dari tes diagnostik kembali dengan hasil positif, menurut Kementerian Kesehatan.


Read More : Jakarta Cetak Rekor Kasus Harian COVID-19 Terendah Sejak Juni 2021

Saat ini ada lebih dari 540.000 kasus aktif virus, sebagian besar di provinsi di seluruh Jawa. Penguncian yang diperpanjang sudah meringankan beberapa pembatasan, termasuk izin untuk makan dan minum di restoran luar ruangan dan pembukaan kembali pasar tradisional dengan batas kapasitas.

Indonesia telah memberikan 66 juta dosis vaksin Covid-19 hingga saat ini, tetapi hanya sekitar 19,7 juta warga yang divaksinasi lengkap.

Pemerintah menargetkan mencapai 2 juta dosis per hari pada Agustus.

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article