NEWS24.CO.ID

Sport

Indonesia Tarik Diplomat Dari Korea Utara Terkait Lockdown Covid-19

NEWS24.CO.ID

Foto : JakartaGlobe Foto : JakartaGlobe
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Indonesia untuk sementara menarik diplomatnya keluar dari Korea Utara sebagai tanggapan atas penguncian virus corona yang terakhir, Kementerian Luar Negeri mengumumkan.

Pemerintah Korea Utara telah meminta utusan asing di Pyongyang untuk sementara memanggil pulang staf diplomatik atau organisasi internasional mereka sejak akhir tahun lalu, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.


Read More : Steve Cooper Di Posisi yang Sangat Genting Saat Ini, Dia Jadi Kandidat Terkuat Pelatih Dipecat

"Korea Utara memberlakukan lockdown dengan menutup akses pergerakan orang dan barang. Kebijakan ini berlaku sejak pandemi dimulai hingga pemberitahuan lebih lanjut," kata Faizasyah kepada kantor berita Antara, Kamis.

Faizasyah mengatakan, penarikan diplomat Indonesia tersebut tidak terkait dengan hubungan bilateral yang masih berjalan baik. Banyak kedutaan besar di Pyongyang juga melakukan penyesuaian ini.

Menurut Faizasyah, Indonesia sebelumnya telah berdiskusi secara detail dengan pemerintah Korea Utara terkait keputusannya untuk menyesuaikan misi diplomatiknya. Pihak berwenang Korea Utara juga sepenuhnya memfasilitasi penyesuaian.

"Kami akan melakukan misi diplomatik kami dari Jakarta sampai memungkinkan mereka kembali ke Pyongyang," kata Faizasyah.


Read More : Presiden FIFA Akan Kunjungi Indonesia untuk Pandu Transformasi Sepak Bola Nasional

Korea Utara sejauh ini belum melaporkan kasus Covid-19 ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dengan demikian situasi pandeminya masih belum jelas.

Pemimpinnya Kim Jong Un, bagaimanapun, mengatakan kegagalan untuk menerapkan langkah-langkah melawan virus corona telah menyebabkan krisis besar. Dia telah mencaci maki pejabat partai yang berkuasa karena membahayakan negara dan rakyatnya, media yang dikendalikan pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan awal bulan ini.

Pejabat Korea Selatan dan Amerika mempertanyakan klaim Korea Utara bebas virus corona. Meskipun demikian, Korea Utara telah mengambil langkah-langkah ketat untuk mencegah virus, seperti dengan menutup perbatasannya dan membatasi perjalanan domestik.

Loading...

Related Article