NEWS24.CO.ID

Health

Ternyata, Ada 7 Manfaat Berhenti Merokok yang Luput Dari Perhatian

NEWS24.CO.ID

Foto : Mstar Foto : Mstar
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -  Sudah hal umum bagi kita bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan, nyatanya berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Ini termasuk mengemas kotak rokok dengan gambar-gambar mengerikan tentang kebiasaan merokok, serta pengingat untuk perokok.

Meski begitu, banyak yang tetap mengabaikan pesan tersebut tanpa menyadari bahwa keputusan berhenti merokok bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Salah satu manfaat berhenti merokok adalah dapat memperlancar peredaran darah. Tahukah Anda, 20 menit setelah Anda berhenti merokok, detak jantung Anda akan turun dan kembali normal. Tekanan darah perokok juga akan menurun dan sirkulasi darah menjadi lebih baik. Itu juga membuat aktivitas harian Anda lebih mudah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Indera perasa lebih baik

Salah satu efek merokok adalah indera perasa seseorang akan menurun dan berhenti merokok dapat mengembalikan indra Anda ke tingkat normal.

3. Hindari masalah sinus

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Otalaryngology pada tahun 2017 menemukan bahwa perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah sinus kronis daripada orang normal.

4. Fungsi seksual tidak terganggu

Setiap isapan rokok dapat mengganggu dan merusak fungsi seksual seseorang, termasuk wanita. Bagi pria, biasanya dikaitkan dengan masalah impotensi. Pasalnya, kebiasaan merokok bisa memengaruhi aliran darah ke penis. Aliran ini sangat penting untuk memungkinkan penis ereksi tetapi kandungan kimiawi dalam rokok dapat mempengaruhi aliran darah ke bagian tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology menemukan bahwa pria yang memiliki masalah akibat merokok dapat pulih seperti sedia kala setelah berhenti dari kebiasaan tersebut. Bagi wanita, merokok bisa mengakibatkan produksi cairan di vagina berkurang dan orgasme.


Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

5. Memperkuat sistem kekebalan

Sistem imun dapat menghindarkan seseorang dari penyakit dan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan berhenti merokok. Ini pada gilirannya meningkatkan sirkulasi darah dan kadar oksigen selain menurunkan risiko peradangan dan peradangan - sehingga meningkatkan kekebalan seseorang.

6. Menurunkan resiko kanker

Umumnya perokok dikaitkan dengan kanker paru-paru. Tapi tahukah Anda, berhenti merokok tak hanya bisa menurunkan risiko penyakit tapi juga kanker kandung kemih. Pasalnya, kebiasaan merokok mampu meningkatkan penumpukan zat kimia berbahaya dalam urine yang pada akhirnya dapat merusak kandung kemih.

7. Mulut dan gigi lebih bersih

Jika diperhatikan, perokok memiliki gigi kuning dan bau mulut. Jika ingin gigi indah dan putih, berhentilah merokok. Jika anda tidak percaya, coba perhatikan dalam seminggu, anda akan lihat efeknya.

Loading...

Related Article