NEWS24.CO.ID

International

AS Mengungkapkan Keprihatinan Serius Tentang Penggusuran Warga Palestina

NEWS24.CO.ID

Foto : The Jakarta Post Foto : The Jakarta Post
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan pada Minggu menyatakan "keprihatinan serius" tentang bentrokan kekerasan di Yerusalem dalam beberapa hari terakhir dalam panggilan telepon dengan mitranya dari Israel, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Tuan Sullivan juga menegaskan kembali keprihatinan serius Amerika Serikat tentang potensi penggusuran keluarga Palestina dari rumah mereka di lingkungan Sheikh Jarrah," kata Gedung Putih dalam pembacaan panggilan antara Sullivan dan Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben-Shabbat.

"Mereka sepakat bahwa peluncuran serangan roket dan balon pembakar dari Gaza menuju Israel tidak dapat diterima dan harus dikutuk," kata Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters.


Read More : Serial The World of the Married Versi Indonesia, Mendua Soroti Perselingkuhan Rumah Tangga

Sementara itu, Israel pada Minggu berjanji untuk memulihkan ketertiban di Yerusalem setelah ratusan pengunjuk rasa Palestina terluka dalam bentrokan akhir pekan dengan pasukan keamanan Israel, karena sidang pengadilan penting tentang sengketa properti yang menjadi titik nyala ditunda.

Daerah di sekitar masjid Al-Aqsa yang dihormati telah mengalami beberapa malam kekerasan, yang terburuk sejak 2017, dipicu oleh upaya selama bertahun-tahun oleh pemukim Yahudi untuk mengambil alih rumah-rumah Palestina terdekat di Yerusalem timur yang dicaplok Israel.

Polisi Israel kembali berhadapan dengan sebagian besar pemuda Palestina di beberapa lokasi di Yerusalem timur Minggu malam. Polisi menembakkan granat kejut dan meriam air "sigung" yang menyemprotkan air berbau busuk ke arah warga Palestina di luar Gerbang Damaskus Kota Tua dan bentrok dengan pemuda di lingkungan Sheikh Jarrah, di tengah gejolak terisolasi lainnya di seluruh area.


Read More : 4 Anggota Cedera Syuting Iklan, Puma Korea Minta Maaf ke NCT 127

Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan total tujuh cedera dari Gerbang Damaskus dan Sheikh Jarrah, termasuk empat rawat inap. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Minggu membela tanggapan Israel terhadap protes dan kerusuhan di Yerusalem timur.

"Kami akan menegakkan hukum dan ketertiban - dengan penuh semangat dan bertanggung jawab," kata Netanyahu seperti dikutip AFP menjelang pertemuan kabinet mingguan, sambil berjanji untuk "menjaga kebebasan beribadah bagi semua agama".

Tetapi peran Israel dalam permusuhan - terutama bentrokan hari Jumat di kompleks masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga Islam - telah mendapat kecaman luas.

Loading...

Related Article