NEWS24.CO.ID

Health

Daun Temurui, Rahasia Hidangan Aceh yang Bisa Mencegah Diabetes

NEWS24.CO.ID

Foto : VOI Foto : VOI
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Enaknya kari dan ayam tangkap khas Aceh, rupanya tak lepas dari bumbu rahasianya dengan meracik daun temurui. Daun temurui dikenal sebagai daun kari. Dalam satu cabang temurui memiliki lebih dari satu daun.

Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Murraya koenigii syn. Keonigi chalcas. Bentuk daun temurui mirip dengan daun salam sehingga sering disebut dengan koja salam. Termasuk sebagai bumbu daun, karena memiliki aroma yang menyengat dan membuat masakan terasa nikmat.


Read More : MAMANGBET 5 Makanan Tinggi Serat, Bagus untuk Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pencernaan

Berdasarkan kandungan kimianya, daun temurui mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat dan mineral. Kandungan mineralnya terutama tinggi kalsium, fosfor, dan zat besi.

Nah, dalam proses memasak kari, daun jahe dicampur sebelum dikeluarkan dari wajan. Sedangkan untuk pembuatan ayam tangkap, daun jahe digoreng dengan daun jeruk dan daun salam. Alhasil, aroma masakan akan semakin harum dan rasanya pun unik.

Sebuah studi kolaboratif pada tahun 2006 yang diterbitkan di Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler, Universitas Madras, Chennai, Tamil Nadu, India menemukan bahwa ekstrak daun temurui lebih efektif dalam menurunkan glikemia daripada Glibenclamide, obat antidiabetik.

Etanol daun M. korenigii yang telah diekstraksi diambil secara oral sebanyak 200 mg / kg selama 30 hari. Hasilnya secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa darah, hemoglobin terglikosilasi, urea, asam urat, dan kreatinin.

Penelitian lain juga telah membuktikan khasiat daun temurui. Diterbitkan di Makara Journal of Health Research pada 2017, penelitian tersebut menyelidiki efek antihiperglikemik daun salam koja.

Studi tersebut menemukan bahwa kadar glukosa darah bisa menurun tanpa penurunan berat badan yang signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, ekstrak daun temurui dapat meminimalkan kerusakan oksidatif akibat diabetes.


Read More : Jaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang dengan Mengonsumsi Rumput Laut, Begini Cara Membuatnya

Sayangnya penelitian ini hanya sebatas penelitian laboratorium dan menggunakan hewan percobaan laboratorium. Namun yang paling menggembirakan adalah di dalam makanan enak terdapat bahan-bahan yang menyehatkan tubuh.

Nah, daun temurui tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kadar glikemik dalam darah. Daun ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala, mengatasi masalah pencernaan, mengurangi kecemasan, menjaga kesehatan mata dan jantung.

Mengenai makanan khas Aceh, masakan apa saja yang sudah Anda cicipi dan menggunakan daun temurui sebagai bumbu rahasianya? Kalau masuk daftar, mulai dari kari, kari, ayam tangkap, nasi goreng, ayam rebus merah, dan keumamah.

Loading...

Related Article