NEWS24.CO.ID

Wisata

Air Terjun Langkuik Tinggi, Destinasi Wisata Tersembunyi di Malalak

NEWS24.CO.ID

Air terjun Langkuik Tinggi di Malalak. Air terjun Langkuik Tinggi di Malalak.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Malalak merupakan daerah yang baru dikenal masyarakat. Daerah ini mempunyai karakter dan pesona keindahan yang sangat luar biasa. Ada beberapa tempat tersembunyi di daerah ini yang dapat dinikmati. Dan yang menariknya, setidaknya terdapat 17 air terjun tersembunyi di daerah ini. 

Salah satu yang paling menarik adalah air terjun Langkuik Tinggi dan air terjun Langkuik Tamiang yang disebut bertaraf internasional.

Lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi terletak di kaki Gunung Singgalang, dan Tandikek. Para pengunjung sebelum sampai di lokasi utama Air Terjun Langkuik Tinggi, akan disajikan dengan kehadiran air terjun lainnya.

Dalam satu kawasan tersebut banyak sekali air terjun dengan view yang sangat menawan. Ketinggiannya berbeda-beda, namun memiliki kesamaan dalam hal keindahan.

Untuk mencapai pintu masuk menuju air terjun Langkuik Tinggi, Dari pusat kota Bukittinggi, pengunjung hanya menempuh jarak 40 kilometer.

Dan sesampai di pintu masuk, pengunjung hanya merongoh kantong sebesar Rp 5.000. 

Kemudian, trekking menantang akan menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung. Jalur yang ditempuh tidaklah mudah. Berbagai rintangan yang beragam akan dihadapi.

Trekking menuju lokasi utamanya sangat menguras tenaga, belum optimal, serta menuntut para pengunjung untuk selalu ekstra hati-hati.

Traveler yang datang wajib menggunakan jasa guide yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Hal tersebut sebagai bentuk pelayanan kenyamanan, dan keamanan dalam berwisata.

Setelah melakukan registrasi, dan pembayaran tiket masuk, maka para pengunjung akan mendapatkan jasa guide, serta pengarahan.

Kondisi trekking di tahap pertama akan berjalan di sepanjang perkebunan masyarakat dan hutan. Pemandangan pepohonan bisa memberikan keteduhan selama di perjalanan.

Yang harus disiapkan terlebih dahulu selain kondisi badan yang harus prima, maka gunakan alas kaki yang tepat, serta gunakan sarung tangan. Karena ada beberapa tumbuhan yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Kondisi jalur di bagian pertama ini masih berupa tanah, serta tanjakan, maupun turunanya belum berbentuk tangga. Hanya berupa lapisan tanah, dan bebatuan.

Oleh karena itu kunjungan ke air terjun Langkuik Tinggi jangan di musim hujan. Karena trekkingnya akan sangat sulit, dan licin. Apalagi di beberapa titik, turunannya sangat miring, apalagi saat pulang akan terasa lebih sulit.

Trekking selanjutnya melintas di aliran air atau sungai kecil terlebih dahulu, hingga pada akhirnya sampai di sebuah sungai yang cukup besar, denga arus air yang kuat.

Trekkingnya di samping sungai tersebut, serta di beberapa titik harus menyeberangi aliran air. Terdapat sebuah tali yang membentang ke seberang sungai.

Tali tersebut berfungsi sebagai pegangan untuk melintas di tengah arus sungai yang cukup kuat. Jadi traveler wajib membawa baju ganti, serta tas anti air untuk mengamankan alat elektronik.

Trekking untuk sampai di air terjun Langkuik Tinggi, akan banyak keindahan air terjun lainnya. Satu persatu air terjun akan dilewati. Dan sesampai di lokasi air terjun Langkuik Tinggi, pemandangan indah bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Aliran air terjun Langkuik Tinggi memiliki arus air yang turun sangat deras sekali. Sehingga percikan airnya bisa mencapai radius 15 meter.

Kolam utamanya sangat dilarang untuk melakukan aktivitas berenang, karena memiliki pusaran air yang kuat. Aktivitas berenang, atau mandi, dan bermain air bisa dilakukan di air terjun sebelumnya, atau di titik aliran air.

Ketinggian Air Terjun Langkuik Tinggi sekitar 100 meter. wajar saja, meskipun hanya berdiri dari lokasi yang cukup jauh dari titik hatinya air, pakaian para pengunjung akan terasa basah karena percikan airnya.

Pesona alam sekitar juga sangat menawan. Keberadaan pohon-pohon besar, suara air, sejuknya udara sekitar, serta tebing-tebing batu, menjadi orkestra alam yang tersaji di air terjun Langkuik Tinggi.

Selama di lokasi tersebut, selalu patuhi arahan, dan protokol yang disampaikan oleh guide. Demi keselamatan, dan kenyamanan berwisata.

Disarankan, kunjungan terbaik ke objek wisata air terjun Langkuik Tinggi sebaiknya dilakukan tidak pada musim penghujan.

Tepatnya lokasi air terjun Langkuik Tinggi dapat diketahui melalui google map, letaknya di kaki Gunung Singgalang dan Tandikek. Alamat Air Terjun Langkuik Tinggi berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Rute menuju Air Terjun Langkuik Tinggi bisa melalui Bukittinggi, dengan jarak sekitar 40 kilometer. Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, maupun roda dua hingga sampai di lokasi parkiran.

Jika perjalanan dari Padang, maka pada daerah Sicincin berbelok ke kiri menuju arah Koto Mambang, kemudian ke Tandikek, dan terakhir masuk ke Jorong Nyiur.

Setelah sampai di lokasi parkiran. Maka lanjutkan dengan cara berjalan kaki, ditemani oleh guide yang sudah disediakan.

Jam operasional Air Terjun Langkuik Tinggi buka dari pukul 08.00-15.00 Wib. Dan tidak ada penginapan di area ini. []

 

Loading...

Related Article