NEWS24.CO.ID

Nasional

Mulai Kini, Setiap Orang Wajib Pakai Masker Saat Keluar Rumah

NEWS24.CO.ID

Ilustrasi. Ilustrasi.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebutkan pemerintah mewajibkan kepada seluruh warga Indonesia untuk mengenakan masker saat akan keluar rumah.

"Bukan hanya Indonesia saja, tapi anjuran mewajibkan ini sudah diperintahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar menggunakan masker demi mencegah penularan Covid-19," kata Yurianto saat melakukan konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta dan disiarkan secara langsung, Minggu (5/4/2020).

"Ini bukannya anjuran lagi, tapi sudah masuk dalam perintah yang wajib dilaksanakan," lanjut dia.

“Semua harus gunakan masker, masker bedah dan masker N95 untuk petugas kesehatan. Untuk warga bisa gunakan masker kain, karena kita tidak tahu orang di luar, tanpa gejala, kita tidak tahu mereka sumber penyakit,” kata Yuri.

Dia juga memaparkan agar masker kain dicuci maksimal setelah empat jam pemakaian. Masker ini bisa lebih dulu direndam di air sabun untuk kemudian dicuci dan selanjutnya bisa dipakai kembali.

“Ini upaya untuk cegah penularan, karena kita tidak tahu bahwa di luar banyak kasus tanpa gejala potensi menular ke kita. Cuci tangan pakai sabun. Ini jadi kunci,” kata dia.

Yuri menyebutkan penyebaran virus Covid-19 ini sangat cepat, dan ia juga menyarankan agar masyarakat selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air. (*)

 

Loading...

Related Article