NEWS24.CO.ID

Kampar

Dua Pintu Pelimpah Ditutup dan Dua Lagi Dikurangi Tinggi Buka

NEWS24.CO.ID

Pintu waduk PLTA Koto Panjang. Pintu waduk PLTA Koto Panjang.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,Koto Panjang - Manajemen UL PLTA Koto Panjang melakukan pengurangan bukaan tinggi pintu pelimpah, dan juga melakukan penutupan dua pintu waduknya pada Sabtu (22/2/2020).

"Debit air masuk (inflow) ke waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau terus berkurang. Jadi dua pintu pelimpah kita tutup, dan dua pintu lagi dikurangi tinggi bukanya," ucap Plt Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, dalam informasi yang diterima news24.co.id (22/2/2020).

"Sebelum dilakukan penutupan, manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang terlebih dahulu sudah menginformasikan kepada masyarakat. Informasi diberikan satu jam sebelum penutupan dan pengurangan pintu pelimpah," kata Cecep.

Diungkapkannya, tahap awal dilakukan pengurangan tinggi bukaan pintu pada pukul 14.00 Wib. Dari tinggi bukaan pintu 50 centimeter dikurangi menjadi 30 centimeter. Kemudian pada pukul 15.00 Wib, dilakukan penutupan dua pintu pelimpah.

Dengan diturunkannya tinggi bukaan pintu, dikatakan Cecep, aln terjadi penurunan permukaan sungai sekitar 20-40 centimeter dari kondisi terakhir permukaan air.

Terkait hal itu Manajemen Waduk tetap mengimbau masyarakat yang beraktivitas atau yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar untuk tetap waspada atas menyusutnya air sungai. 

Loading...

Related Article