NEWS24.CO.ID

Kampar

Air Naik Di Pangkalan, UL PLTA Koto Panjang Buka 4 Pintu Pelimpahnya

NEWS24.CO.ID

Kondisi air di Pangkalan dan pintu waduk PLTA Koto Panjang pada Rabu (12/2/2020). Kondisi air di Pangkalan dan pintu waduk PLTA Koto Panjang pada Rabu (12/2/2020).

NEWS24.CO.ID,

Koto Panjang, Kampar - Unit Layanan PLTA Koto Panjang akna membuka empat pintu Spillway Gate pada pukul 11.00 Wib hari Rabu, 12 Februari 2020 ini. 

Plt Manager UL PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar dalam informasi yang diterima news24.co.id (12/2/2020), menyebutkan bahwa tindakan ini dilakukan karena telah naiknya elevasi dan rata-rata inflow ke waduk PLTA Koto Panjang. 

"Terpantau di pintu waduk PLTA, saat ini elevasi air berada di angka 83,23 mdpl dan inflow rata-rata waduk saat ini 635 m3/s," jelas Cecep (12/2/2020).

"Debit air di waduk PLTA terus mengalami kenaikan, dan di hulu waduk, di daerah Pangkalan dan Banjaranah, Kabupaten Limapuluh Kota, air juga telah merendam beberapa rumah penduduk dan lahan masyarakat," ungkap Cecep dari informasi yang diperolehnya.

"Untuk menghindari dampak yang lebih merugikan lagi, maka kita putuskan akan membuka 4 pintu Spillway Gate pukul 11.00 Wib ini. Nanti akan kita buka empat pintu dengan posisi masing-masing 50 centimeter," terang Cecep.

Cecep dan manajemen UL PLTA Koto Panjang tetap menghimbau kepada masyarakat yang berada di aliran sungai hilir PLTA Koto Panjang agar waspada.

"Dengan dibukanya 4 pintu pelimpah ini, maka diperkirakan akan terjadi kenaikan permukaan air sungai sekitar 60 hingga 80 centimeter dari kondisi permukaan air sungai Kampar saat ini. Maka dihimbau masyarakat yang beraktifitas di bantaran sungai Kampar untuk meningkatkan kewaspadaannya dan menjaga barang-barangnya, terimakasih," tutup Cecep.


Sebelumnya, pada Jumat, 7 Februari kemarin, manajemen UL PLTA Koto Panjang melakukan penutupan satu pintu Spillway Gate yang masih terbuka. 

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Loading...

Related Article