NEWS24.CO.ID

Pekanbaru

30 Ribu KTP-el Belum Dicetak, Tahun Ini Pasokan Jumlah Blanko Ditambah

NEWS24.CO.ID

Disdukcapil kota Pekanbaru. Disdukcapil kota Pekanbaru.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru melakukan pendataan masyarakat kota Pekanbaru. Tercatat hingga saat ini ada sebanyak 30 ribu lebih warga kota Pekanbaru yang belum memiliki tanda kartu penduduk (KTP-el) yang tertunda proses pencetakannya selama 2019 dan telah melakukan perekaman dari himbauan yang disampaikan dukcapil tiap-tiap kecamatan.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, menyebutkan jumlah yang ada tersebut belum termasuk 3.000 data yang melakukan perubahan sejak tahun 2017 lalu.

"Ini ada pemekaran kelurahan, jadi data itu belum masuk data masyarakat di daerah yang terjadi pemekaran," ungkap Irma pada news24.co.id (20/1)

Irma menyebutkan juga, pihaknya akan menggesakan proses pencetakan KTP-el tersebut. Dan kota Pekanbaru pada tahun ini akan mendapatkan pasokan blanko KTP-el.

"Blankonya akan dipasok sebanyak 10 ribu untuk kota Pekanbaru. Ini dari pemerintah pusat. Awal tahun ini dikirimkan. Dan blanko ini akan dipergunakan untuk warga yang telah melakukan perekaman lebih dahulu," sebut Irma.

Lebih lanjut, Irma berupaya untuk segera melakukan proses pencetakan KTP-el  yang tertunda. Diakuinya sepanjang tahun 2019 banyak warga yang belum melakukan proses perekaman. Pasalnya akibat blanko yang kosong. 

"Tahun lalu, ketersediaan blangko KTP-el di Disdukcapil Pekanbaru terbatas jumlahnya. Dan akibat itu, masih banyak warga yang tertunda lantaran keterbatasan blanko KTP-el tersebut," ungkap dia.

Namun, Irma berharap, proses pencetakan KTP-el yang tertunda akan dilakukan dilakukan bertahap. Apalagi saat ini jumlah blangko KTP el yang ada cukup banyak. 

Jadi, iIntinya kami dari dinas berupaya menuntaskan pekerjaan rumah atau KTP elektronik yang tertunda cetaknya," jelasnya.

Terkait tertundanya pencetak KTP-el tahun lalu dan terbatasnya jumlah blanko, disebutkan Irma bahwa kota Pekanbaru hanya memperoleh blanko sekitar 500 keping. Dan kondisi kebutuhan blangko KTP el di Pekanbaru pada akhir tahun. Namun awal tahun ini pasokan blangko KTP-el akan bertambah jumlahnya.

Loading...

Related Article