NEWS24.CO.ID

Riau

ACT Riau Wujudkan Impian Anak-anak di Mandah Indragiri Hilir Dirikan Tempat Mengaji Yang Layak

NEWS24.CO.ID

TPQ Ar-Rahman di Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir. /Ist TPQ Ar-Rahman di Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir. /Ist
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,MANDAH, INDRAGIRI HILIR - Anak-anak di Mandah Kecamatan Mandah, Kota Tembilahan terus memperdalam ilmu pengetahuan tentang Islam dan belajar Alquran di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Ar Rahman.

Dalam informasi yang diterima dari Markom Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau, Fitra Wahyu, menceritakan tentang TPQ Ar Rahman yang kerap dipergunakan anak-anak di Mandah.

"Dari pantauan di lapangan, TPQ Ar Rahman tersebut merupakan tempat bagi anak-anak Mandah Kota Tembilahan untuk belajar membaca Al-Qur'an," sebut Wahyu, kepada news24.co.id pada Selasa (14/1).

"Dari informasi, TPQ Ar-Rahman sudah berdiri sejak tahun 2007. Kegiatan PBM selama ini menumpang di Surau Ar-Rahman. TPQ sudah melaksanakan beberapa kali melaksanakan wisuda berupa khatam al-Qur'an dan sudah melahirkan ratusan siswa TPQ," cerita Wahyu.

"Bangunan itu sebelumny terlihat banyak yang sudah lapuk dimakan usia, dan hingga tidak lagi banyak siswa yang bisa ditampung di TPQ itu," ungkap Wahyu.

Wahyu menyebutkan semangat mengaji bagi anak-anak di Mandah, tidaklah berbanding lurus dengan fasilitas TPQ yang ada. Berdiri di atas tanah berawa, TPQ Mandah hanya berupa bangunan rumah kayu yang sudah mulai lapuk.

"Alhamdulillah, ikhtiar untuk mewujudkan tempat yang layak bagi anak-anak untuk proses belajar Al-Qur’an dilaksanakan, perlahan fisik bangunan yang lama telah hancur kini mulai didirikan dengan target beberapa bulan kedepan bisa rampung. Sehingga, anak-anak di desa Mandah bisa belajar kembali," jelas Wahyu.

Di sisi lain, Ustadz Junaidi Doktor UIN Suska Riau bidang Ilmu Tafsir dan Hadist, yang mengetahui wilayah tersebut menyebutkan bahwa bangunan tersebut berdiri di atas tanah hibah. 

"Alhamdulillah, jika bangunan tersebut telah rampung dan bisa dipergunakan, Insya Allah, anak-anak semakin bertambah semangat dengan adanya bangunan yang baru," ujar Junaidi.

"Nantinya, sistem belajar Al-Qur’an yang juga nantinya tersistematis dengan harapan anak-anak Mandah menjadi penghafal Al-Qur’an. Anak-anak nantinya akan dibuatkan program hafalan Al-Qur’an," sebut Ustadz Junaidi.

Dipaparkan Ustadz Junaidi, secara ekonomi, masyarakat di Mandah tergolong prasejahtera, tidak banyak yang bisa dilakukan terkait dengan bagaimana masyarakat Mandah melakukan terobosan terhadap lingkungannya, untuk kebutuhan sehari-hari pun mereka mengalami kesulitan.

Menindaklanjuti impian anak-anak di Mandah, ACT Riau berikhtiar agar segera menyelesaikan bangunan TPQ Ar-Rahman. Dan ACT mengajak dan membutuhkan bantuan dan kontribusi semua pihak untuk anak-anak menjadi hafiz Qur'an di TPQ Ar-Rahman.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa melalui virtual Account BNI Syariah 8660291019080026 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Loading...

Related Article