NEWS24.CO.ID

Riau

Bawaslu Pantau Gerak Gerik Kepala Daerah di Riau dan Buka Posko Pengaduan

NEWS24.CO.ID

Bawaslu. Bawaslu.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,PEKANBARU - Ada 9 daerah di Provinsi Riau yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi pada tahun 2020 ini. Pemilihan kepala daerah (pilkada) itu akan serentak dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rokan Hulu (Rohul), Indragiri Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, Bengkalis, dan Kota Dumai.

Untuk memantau 9 daerah tersebut, Bawaslu Riau mengintruksikan kepada Bawaslu di kabupaten dan kota se-Riau untuk membuka posko pengaduan di masing-masing daerah sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota. 

"Didirikannya posko pengaduan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi pelanggaran Pemilukada 9 daerah di Riau pada tahun 2020 ini," ujar Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan pada Selasa (14/1/2020).

"Ini karena sangat rentan kepala daerah yang kembali bertarung akan menggunakan jabatannya untuk memperkokoh struktural di daerahnya guna memenangkan dirinya kembali" sebutnya.

Selain itu, ia juga menjelasakan tentang adanya perhatian penyalahgunaan wewenang kepala daerah terhadap mutasi pejabat dan netralitas aparatur sipil negara.

"Kepada siapa saja, dapat melakukan pelaporan terkait dugaan pelanggaran dan penyalahgunaan kewenangan kepala daerah, dan juga tentang mutasi dan aparatur sipil negara. Posko nantinya akan ada di sekretariat Bawaslu masing-masing," tutupnya.

 

Loading...

Related Article