NEWS24.CO.ID

Pekanbaru

Mulai 1 Februari, Sistem Baru Masuk Area Bandara SSK II Pekanbaru Diberlakukan

NEWS24.CO.ID

Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,PEKANBARU - Manajemen Angkasa Pura II akan memberlakukan hal yang berbeda untuk masuk area Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Sistem tersebut khusus bagi pemilik kendaraan, baik roda dua, roda empat, dan seterusnya. Pemberlakuan ini akan mulai diterapkan mulai awal bulan Februari 2020. 

General Manager Angkasa Pura II SSK II Yogi Prasetyo Suwandi, melalui news24.co.id (12/1/2020), mengatakan akan menggunakan sistem pembayaran cashless (non tunai). 

"Cara pembayaran dengan elektronifikasi ini untuk mempermudah pengguna untuk masuk area Bandara SSK II, bukan hanya bagi pengguna saja, tapi juga bagi manajemen kami," ujar Yogi.

"Tujuannya hanyalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mudah-mudahan nantinya agar lebih efisien, cepat dan aman," ungkap dia.

Di tempat terpisah, Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri, menjelaskan penerapan sistem elektronifikasi ini merupakan upaya untuk merubah metode pembayaran dari tunai ke non tunai untuk menciptakan cashless society.

"Ini kemajuan zaman, sekarang ini zamannya teknologi digital. Agar masyarakat aman dan nyaman serta efisien, jadi metode ini kita galakkan secara nasional," maksud Asral. 

Untuk di Bandara SSK II, pembayaran non tunai untuk masuk ke area Bandara akan dapat mengurangi peredaran uang terutama pada pecahan uang kecil. Karena diungkapkan Asral, bahwa sumber daya dan biaya untuk mencetak uang mulai dari perencanaan, pengadaan bahan, pencetakan, distribusi hingga pengolahan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

"Penggunaan pembayaran non tunai ini tentu akan menghemat waktu. Dan juga bagi BI, ini akan membantu dalam penyediaan uang kecil. Sistem ini aman secara digital dan akan masuk ke rekening bank. Serta akan menjadi pendapatan Angkasa Pura melalui sistem yang diterapkan," terang Asral.

"Dengan sistem elektronifikasi tersebut, uang akan menjadi aman, terhindar dari resiko selisih, hilang, ataupun tercecer," yakin Asral.


Lebih lanjut, Asral mengatakan pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan kartu uang elektronik yang telah di sediakan seperti e-money, brizzy, flazz dan tap cash. 

Asral berharap hingga 1 Februari mendatang, masyarakat segera mempersiapkan diri. "Bagi yang sudah memiliki kartu elektronik, nggak masalah. Top up bisa dilakukan di mana saja bagi empat kartu yang akan diberlakukan. Dan bagi belum punya silakan pilih mana yang nyaman. Mulai 1 Februari nanti 100 persen gate Bandara SSK II tidak lagi menerima pembayaran tunai untuk parkir," ujar Asral.


Pihak Bandara SSK II terkait hal ini akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum launching. Dan juga akan menyediakan kartu elektronik tersebut. "Teknisnya di lapangan mulai 1 februari sudah pasang pengumuman hal tersebut," ujarnya.

"Seminggu atau dua minggu sebelum launching atau go live, kami akan menjual kartu elektronik. Nanti ketika kami memutuskan untuk tak pakai uang cash di situ ada yang jual langsung uang elektronik sehingga penumpang atau pengguna jasa tak dirugikan," pungkasnya.

 

#SSKII #bandara

 

Loading...

Related Article