NEWS24.CO.ID

International

Ini Fenomena Alam yang Bakal Terjadi Sepanjang Tahun 2020

NEWS24.CO.ID

Gerhana Bulan Supermoon yang terjadi pada Sabtu (11/1/2020) dini hari. Gerhana Bulan Supermoon yang terjadi pada Sabtu (11/1/2020) dini hari.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Ternyata sepanjang tahun 2020 ini, berbagai fenomena alam banyak terjadi. Berbagai fenomena alam yang terjadi itu ternyata dapat dilihat dengan mata telanjang.

Mengawali tahun, terlihat hujan meteor terjadi pada tanggal 4 Januari. Hujan meteor tahunan Quadrantids memuncak pada Jumat malam hingga Sabtu pagi. 

Seorang profesor di Sekolah Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Arizona State University menyebutkan peristiwa itu terjadi setelah tengah malam, ketika bulan telah terbenam. Hujan meteor Quadrantids menghasilkan sekitar 25 meteor per jam, meskipun lampu kota dapat mengganggu kemampuan untuk melihat meteor yang cahayanya lebih redup. Meteor tersebut muncul di seluruh langit. Teleskop atau teropong tidak dibutuhkan untuk dapat melihatnya.

Masih pada bulan Januari, supermoon terlihat pada Sabtu (11/1/2020) dini hari. Bulan purnama yang dikenal sebagai supermoon terjadi beberapa kali dalam setahun. Dinamakan supermoon karena saat purnama bulan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama yang khas. 

Selain hujan meteor dan supermoon pada Januari, ada beberapa peristiwa langit lainnya di tahun 2020 yang tidak boleh dilewatkan.

Berikut adalah yang terbaik, menurut Steward Observatory di University of Arizona, dilansir di AZ Central, pada Sabtu (11/1):

1. Hujan Meteor Lyrids pada 22-23 April

Hujan meteor Lyrids akan menjadi hal yang bagus pada tahun 2020, kata para astronom. Bulan baru berarti langit yang lebih gelap dan kemampuan untuk melihat lebih banyak meteor.

Beberapa planet saling berdekatan pada pertengahan hingga akhir Juli

Bulan dan tiga planet: Jupiter, Saturnus, dan Mars, akan tampak saling berdekatan dalam beberapa malam.  Tempatkan mereka di langit timur di malam hari atau tepat di atas kepala sekitar tengah malam.

Jupiter akan menjadi yang paling terang, diikuti oleh Saturnus dan kemudian Mars. Mars dapat terlihat memiliki cahaya atau warna merah.

2. Hujan Meteor Perseids pada 12-13 Agustus

Hujan meteor Perseid adalah hujan meteor terbaik kedua tahun ini.

3. Hujan Meteor Orionids pada 21-22 Oktober

Orionids 2020 akan sangat bagus karena bulan akan terbenam lebih awal. Artinya, langit lebih gelap dan kemampuan untuk melihat lebih banyak meteor. Orionids bukan merupakan hujan meteor paling banyak tahun ini, tetapi curahan meteornya dikenal menghasilkan jejak panjang yang terlihat selama empat detik atau bahkan lebih lama. Diperkirakan terdapat 10-20 meteor per jam.pada peristiwa ini

4. Hujan Meteor Geminids pada 13-14 Desember

Geminid biasanya merupakan hujan meteor terbaik dan paling andal tahun ini, yang mampu menghasilkan 80 hingga 100 meteor per jam.

5. Konjungsi Hebat pada 21 Desember

Jupiter dan Saturnus akan tampak dekat bersama malam ini, membuat potensi tontonan dramatis ketika planet-planet tampak membentuk satu planet atau bintang yang terang. Ini hal yang langka, karena dapat terjadi hanya sekali dalam 20 atau 30 tahun.

Loading...

Related Article