NEWS24.CO.ID

Nasional

Gerhana Bulan Penumbra Dapat Diamati di Indonesia, Ini Waktu Terjadinya Pada Sabtu Dini Hari

NEWS24.CO.ID

Gerhana bulan penumbra. Gerhana bulan penumbra.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Fenomena Gerhana Bulan Penumbra disebutkan akan terjadi pada Sabtu (11/1/2020) dini hari. Dari informasi yang diumumkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena alam ini dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia.

Dari informasi yang dirangkum news24.co.id melalui situs resmi BMKG, pada Jumat (10/1/2020), disebutkan Gerhana Bulan Penumbra ini akan mulai pada pukul 00.05 Wib pada Sabtu (11/1/2020).

Untuk durasi waktunya adalah sekitar 4 jam 08,7 menit. Dengan pembagian waktu puncak gerhana pukul 02.10 Wib, dan waktu berakhir pada pukul 04.14 Wib.

Berdasarkan informasi BMKG, peristiwa gerhana bulan penumbra ini dapat diamati hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sementara itu, bagian paling timur Indonesia akan dapat mengamati peristiwa ini saat bulan terbenam.

selain Indonesia peristiwa ini dapat dilihat juga di benua Asia Eropa dan sebagian besar benua Afrika bagian timur. Juga di sebagian kecil Australia bagian barat dan Samudra Hindia.

sedangkan proses gerhana saat bulan terbit dapat diamati di wilayah Afrika bagian barat, samudra Atlantik dan sebagian kecil Amerika bagian timur laut, serta Jogja di sebagian kecil Amerika Selatan bagian timur.

Untuk informasi lainnya, gerhana bulan penumbra kali ini merupakan anggota ke-16 dari 71 anggota seri Saros 144.

 

Loading...

Related Article