NEWS24.CO.ID

Nasional

Bunga Rafflesia Berdiameter 1,1 Meter Tumbuh Di Maninjau, Sumatera Barat

NEWS24.CO.ID

Rafflesia tuan-mudae di kawasan hutan cagar alam Maninjau di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. /Ist Rafflesia tuan-mudae di kawasan hutan cagar alam Maninjau di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. /Ist
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,Agam, Sumatera Barat - Bertepatan pada akhir tahun 2019, tumbuhan yang dilindungi Rafflesia mekar di kawasan hutan cagar alam Maninjau di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Bunga Refflesia yang bernama tuan-mudae ini mekar dengan diameter 111 centimeter. Ukuran ini diklaim menjadi yang terbesar di dunia.

Sebelumnya, dua tahun lalu juga pernah mekar pada tempat yang sama dengan ukuran diameter yang lebih kecil 4 centimeter.

Pengendali Ekosistem Hutan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam, Ade Putra dalam informasi yang diterima news24.co.id pada Kamis (2/1/2020) menyebutkan spesies Rafflesia tuan-mudae ini hampir mirip dengan Rafflesia Arnoldii.

"Rafflesia ini mirip dengan yang di Bengkulu, yakni Rafflesia Arnoldii, tapi perbedaan yang mencolok ada pada morfologi atau fisik," jelas Ade.

"Perbedaan terlihat pada warna kelopak atau perigon, Rafflesia arnoldii lebih ke warna oranye sedangkan spesies tuan-mudae ke arah merah maron," terang dia.

"Dan perbedaan ini adalah dari hasil penelitian dan explorasi yang dilakukan oleh ahli bunga Rafflesia dari Universitas Bengkulu pada Oktober 2017 lalu," ungkap Ade.

Ade menyebutkan, saat ini ada 31 jenis tumbuhan Rafflesia di dunia. Dan 15 jenisnya ada terdapat di Indonesia, dan 11 di antaranya terdapat di pulau Sumatera. 

Rafflesia tuan-mudae pertama kali ditemukan di wilayah Serawak, Malaysia.

Lebih lanjut, Ade menyebutkan bahwa pihak BKSDA Resort Agam akan melakukan pemantauan dan perlindungan selama 7 hari ke depan. Karena secara alami, fase mekar bunga Rafflesia berkisar antara 7-8 hari dan kemudian akan membusuk dan mati. 

Loading...

Related Article