NEWS24.CO.ID

Economy

Gubernur BI Perry Warjiyo: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2019 Meningkat 5,1%

NEWS24.CO.ID

Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers pada Kamis (19/12/2019). Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers pada Kamis (19/12/2019).
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Bank Indonesia (BI) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan pada tahun 2019 sekitar 5,1%. Hal ini disebutkan Gubernur BI  karena didorong oleh konsumsi rumah tangga, ekspansi fiskal, dan perbaikan kinerja ekspor.

"Pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2019 didorong oleh faktor musiman. Pada triwulan IV biasanya konsumsi rumah tangga dan ekspansi fiskal akan meningkat. Begitu juga dengan investasi bangunan hingga berlanjut di beberapa investasi nonbangunan yang juga membaik," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers yang diterima news24.co.id pada Jumat (20/12).

"Perkembangan terkini menunjukkan keyakinan konsumen meningkat bersamaan dengan pola musiman jelang akhir tahun sehingga dapat menopang konsumsi rumah tangga tetap baik," ujar Perry.

Perry mengatakan tentang ekspor yang mengalami perbaikan. Ini dipengaruhi akibat naiknya ekspor pulp, waste paper, dan serat tekstil ke Tiongkok, masih kuatnya ekspor besi baja ke Tiongkok dan Asean, serta berlanjutnya ekspor kendaraan bermotor ke Asean dan Arab Saud

Ia melanjutkan, investasi mulai tercatat meningkat di beberapa daerah, seperti di Sulawesi terkait hilirisasi nikel, dan diperkirakan akan terus meningkat dengan sejumlah kebijakan transformasi ekonomi yang ditempuh pemerintah, dan mulai meningkatnya keyakinan dunia usaha. Investasi bangunan juga terus membaik didorong peningkatan kegiatan konstruksi.

"Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2019 diprakirakan membaik sehingga secara keseluruhan 2019 mencapai sekitar 5,1%, dan meningkat dalam kisaran 5,1-5,5% pada 2020," terang dia.

 

Loading...

Related Article