NEWS24.CO.ID

Nasional

Menguak Kesalahan Mantan Dirut Garuda Indonesia Yang Dipecat

NEWS24.CO.ID

Foto beredar, selingkuhan mantan dirut Garuda Indonesia Ari Askhara. Foto beredar, selingkuhan mantan dirut Garuda Indonesia Ari Askhara.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Putusan Menteri BUMN Erick Thohir disambut baik berbagai kalangan, salah satunya dari Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani. 

Hariyadi mengucapkan rasa syukur atas putusan tersebut. "Terus terang kami dengan adanya pergantian direktur utama Garuda ini, saya sebagai Ketua PHRI dari sektor pariwisata gembira banget,” kata Hariyadi, dilansir dari rmol pada Sabtu (7/12).

Ia menilai kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Ari selama memimpin maskapai pelat merah itu hanya mempersulit sektor pariwisata.

Ia juga menyebutkan bahwa Ari diduga merupakan aktor di balik praktik kartel tiket pesawat yang saat ini tengah diselidiki oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Ari telah mendikte pasar sehingga menciptakan persaingan yang tidak sehat pada industri penerbangan.

Hariyadi juga mengakui pernah menyampaikan keluhan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait lonjakan harga tiket penerbangan sejak akhir 2018. Bukan tanpa alasan, melonjaknya harga tiket membuat kunjungan wisatawan turun drastis.

Lebih lanjut, Hariyadi optimistis dengan bergantinya pucuk pimpinan Garuda Indonesia, kondisi akan menjadi lebih baik, dan menjadi permulaan untuk membenahi industri penerbangan.

Beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) dari posisinya usai mempertimbangkan hasil komite audit Kementerian BUMN. Erick mengungkapkan Ari menyelundupkan komponen Harley-Davidson melalui pesawat Airbus A330-900.

Kasus penyelundupan barang mewah Motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang dibawa dengan pesawat Airbus A330-900 Garuda menjadi akhir karir Ari Akhara.

Kasus yang menjeratnya pertama kali terungkap berkat kinerja petugas Bea Cukai yang menemukan barang-barang ilegal milik Dirut Garuda, di lambung pesawat baru milik PT Garuda Indonesia (Persero) Airbus A330-900.

Aksi penyelundupan ini konon untuk menghindari bea pajak. Padahal, Ari Askhara adalah orang dengan nilai harta kekayaan cukup besar.

Diakses dari laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), Ari Askhara tercatat harta senilai Rp 37,5 miliar.

Dari total kekayaan tersebut khusus kendaraan, nilainya ditaksir mencapai Rp 1,37 miliar. Semua kendaraan yang tercatat adalah kendaraan roda empat.

Kendaraan roda empat yang dimiliki Ari, didominasi oleh merek asal Jepang, di antaranya model SUV Mitsubishi Pajero tahun 2012 yang ditaksir Rp 325 juta, mobil sedan Mazda 6 lansiran tahun 2017 dengan nilai Rp 420 juta, dan Lexus Minibus tahun 2016 dengan nilai Rp 625 juta.

Dengan jumlah kekayaan yang sangat cukup itu mengapa laki-laki bernama lengkap I Gusti Ngurah Askhara nekad melakukan aksi penyelundupan dengan alasan agar tidak terkena bea?

Selain itu, informasi lain yang diperoleh, beredarnya isu Ari Askhara juga menghabiskan banyak uangnya untuk wanita idaman lain.

Sumber terdekat menyebutkan kekasih gelap Ari adalah seorang pramugari di maskapai yang sama.

Ketua Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) Zaenal Muttaqin saat ditanya perihal tersebut hanya membenarkan ada hubungan pertemanan. “Memang isunya seperti itu. Tetapi saya nggak tau ya. Jadi ada kawan kita yang memang secara hubungan pertemanan dekat dengan Pak Ari. Kalau persoalan yang lain saya enggak tahu,” kata Zaenal di Hotel RA Residence, Jakarta Selatan, Jumat (6/12).

Inisial nama pramugari yang terungkap adalah PNR. Bahkan, sebuah akun di twitter terang-terangan membeberkan bukti-bukti perselingkuhan itu. Ari Askhara diduga rela memanjakan sang selingkuhan dengan menggunakan uang perusahaan.

Perselingkuhan Ari bisa jadi telah diketahui para koleganya mengingat banyak yang mengetahui kedekatan keduanya. Hanya saja semua memilih bungkam. Dan konon, pramugari selingkuhan Ari tersebut juga pernah melabrak istri sah Ari.

 

Loading...

Related Article