NEWS24.CO.ID

Riau

Di Riau dan Sumut Akan Bisa Melihat Fenomena Alam GMC Pada Tanggal dan Waktu ini

NEWS24.CO.ID

Gerhana Matahari Cincin terlihat di Riau dan Sumatera Utara Gerhana Matahari Cincin terlihat di Riau dan Sumatera Utara
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Di bulan Desember ini, berbagai fenomena alam terjadi. Dan untuk wilayah Indonesia khususnya di bagian barat akan mengalami Gerhana Matahari Cincin (GMC).  

GMC akan terjadi ketika bulan berada segaris dengan Bumi dan Matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan Bumi.

Dituliskan dalam situs gerhanaindonesia.id, bahwa lokasi terbaik untuk melihat peristiwa ini ada di Siak, Riau. 

Peristiwa alam GMC ini akan terjadi pada 26 Desember 2019 dan diprediksi mulai pukul 12:15 WIB, posisi puncak pada 12:17 WIB dan berakhir pada 12:19 WIB. 

Tidak hanya Siak, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga merilis wilayah mana saja yang bisa menyaksikan GMC.

Jalur gerhana yang akan dapat dilihat adalah mulai dari area Sibolga dan Padang Sidempuan, Sumatera Utara, kemudian Riau di wilayah Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi dan Pulau Rangsang.

Sedangkan di Kepulauan Riau akan melewati Batam dan Tanjung Pinang. Lalu di Kalimantan Barat bisa dilihat dari Singkawang, kemudian Makulit dan Tanjung Selor Kalimantan Utara serta Berau, Kalimantan Timur.

Keterangan dari Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, adanya kekeliruan tentang broadcast di beberapa group WhatsApp yang mengatakan GMC bisa dilihat diseluruh wilayah.

"GMC hanya di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di wilayah Indonesia lainnya hanya gerhana Matahari sebagian sekitar tengah hari. Tiap kota waktunya berbeda-beda," tulisnya dalam keterangan.

 

Loading...

Related Article