NEWS24.CO.ID

Economy

Jokowi Minta Bunga KUR Turun Jadi 6%, Bank Masih Pikirkan

NEWS24.CO.ID

Jokowi minta bunga KUR turun menjadi 6% Jokowi minta bunga KUR turun menjadi 6%
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID -Presiden Joko Widodo menginstruksikan para menteri untuk mendorong penurunan bunga kredit usaha mikro (KUR) yang saat ini sudah single digit. Jokowi ingin suku bunga KUR 7% diturunkan menjadi 6%.

Menindaklanjuti hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menggelar rapat koordinasi (rakor) mengenai KUR di kantornya sore ini yang memanggil perwakilan Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Airlangga mengatakan, selain subsidi suku bunga diturunkan, jumlah penyaluran subsidi anggaran bunga KUR juga akan diperbanyak dan diperluas.

"KUR mau kita turunkan. Prinsipnya jumlah diperbanyak, penyaluran diperluas, interestnya diturunkan," ujar Airlangga di kantornya usai menghadiri rapat terbatas di Istana Presiden, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Setelah itu, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Arif Arianto yang hadir dalam rakor tersebut mengatakan bahwa perwakilan bank-bank yang hadir yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA sepakat untuk menurunkan suku bunga KUR.

"Khusus untuk KUR tadi bank-bank yang hadir semua sepakat dengan volumenya ada, jadi tidak keberatan bunganya diturunkan," kata Arif.

Ia menyebutkan, jika anggaran subsidi suku bunga KUR diperbanyak maka bank pun tak masalah suku bunga diturunkan.

"Jadi gini sebetulnya, soal walaupun bunga turun tapi kalo volume naik kan secara keseluruhan lebih bagus, dan itu akan lebih bagus untuk kepentingan rakyat banyak. Khusus tadi yang dibicarakan KUR, bagi bank kalo bisa jual lebih murah sehingga mendapatkan volume lebih tinggi itu lebih bagus," jelas dia.

Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Jaringan BNI Tambok P Setyawati menyebutkan bahwa pihaknya siap jika pemerintah minta suku bunga KUR diturunkan. "Siap, harus siap dong," sebut dia.

Sebelumnya, Jokowi sudah menginstruksikan kepada para menteri kabinet Indonesia Maju untuk menurunkan bunga KUR.

"Saya melihat misalnya kredit dari perbankan yang diberikan kepada usaha mikro, usaha kecil lewat subsidi. Subsidi apa? Subsidi bunga bagi UKM. Ini syarat bunganya udah berapa? 6 persen, 7 persen? 7 persen mau diturunin ke 6 persen," kata Jokowi sebelumnya.

 

Loading...

Related Article