NEWS24.CO.ID

Riau

Hujan Es Terlihat Di Bangkinang, ini Penjelasan BMKG

NEWS24.CO.ID

Tangkapan layar (istimewa) Tangkapan layar (istimewa)
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID,Bangkinang - Hujan dan angin kencang yang melanda wilayah Bangkinang, Kabupaten Kampar pada Sabtu (9/11) sore kemarin, masyarakat mendapatkan kejadian yang aneh.

Beberapa warga banyak yang memposting mendapatkan hujan es saat turunnya hujan pada saat itu.

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla menerangkan bahwa hujan es biasanya terjadi akibat turunnya hujan yang disertai bola es atau hail, dengan diameter berkisar antara 5 hingga 50 ml.

"Hujan bola es ini berasal dari proses kondensasi atau penguapan air yang sangat dingin di atmosfer sehingga terbentuklah awan konvektif dengan puncak awan yang sangat tinggi melebihi batas titik beku atau freezing level yang bersuhu lebih rendah dari 0 derajat Celcius," jelas Mia.

Dari pantauan citra satelit, Mia menyebutkan, terlihat bahwa di daerah Kampar menunjukkan pertumbuhan awan konvektif yang sangat signifikan. 

"Akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang bahkan menyebabkan turunnya bongkahan es atau hail," jelas Mia.

"Hujan es ini sudah biasa terjadi di Indonesia, salah satunya terjadi di daerah Bangkinang, kemarin," ungkap Mia.

Beberapa postingan warga di media sosial, hujan yang terjadi pada Sabtu (9/11) sore mengabadikan potongan video yang memperlihatkan potongan es usai terjadinya hujan.

Pada potongan video itu dia menuliskan Masya Allah hujan deras di Bangkinang dibarengi turunnya es, #kuasa_Allah #mendekatiakhirzaman," tulis warganet.

Hujan es terlihat sebesar ukuran kelereng yang terlihat beberapa saat hujan turun.

Loading...

Related Article