NEWS24.CO.ID

Otomotif

Dianggap Tidak Menguntungkan, Nissan Akan Lepas Datsun

NEWS24.CO.ID

Datsun. Datsun.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID - Mobil LCGC Datsun dianggap Nissan tidak membantu meningkatkan penjualan, maka dari itu Nissan berencana akan melepas merek Datsun. 

Bukan hanya itu saja, tahap awal yang dilakukan Nissan adalah dengan telah memangkas produksi di pabriknya untuk di luar dari China. 

Diberitakan dari reuters (25/10/2019), beberapa langkah yang dilakukan telah dilakukan mulai dari mengurangi penjualan secara borongan dan bahkan menyuntik mati mobil-mobilnya kurang laris di pasaran. Hal ini merupakan inisiatif yang dilakukan Nissan. pesiarqq

Sebagai bagian dari rencana tersebut, Nissan disebut akan menyetop produksi pick-up Titan model single cabin dan versi dieselnya.

Sebelumnya, nama Datsun sudah mulai redup di pasaran otomotif, tapi dengan bekerjasama dengan Nissan, kembali bergairah untuk wilayah Indonesia, India, Rusia, dan Afrika Selatan.

Untuk di Indonesia, Datsun sempat berjaya ketika mengenalkan mobil murahnya di segmen Low Cost Green Car (LCGC) pada tahun 2013 hingga 2015. Kejayaan Datsun terus menurun seiring dengan minimnya model baru dan tak cepat beradaptasi menghadapi panasnya persaingan industri otomotif di Indonesia.

Hal ini karena Datsun harus bersaing dengan berbagai merek Jepang lain yang tampaknya sudah lebih menyiapkan diri ketika menjajakan mobil LCGC.

Nissan pun demikian. Beberapa tahun terakhir penjualannya merosot karena jarang mengenalkan mobil baru. Hingga akhirnya Nissan perlahan-lahan bangkit dengan mengenalkan model baru pada pertengahan 2018 hingga kepada merek All New Livina.

Tapi kabar miring yang menerpa Nissan belum usai setelah pabrikan tersebut merilis mobil baru. Masuk ke awal tahun 2019, Nissan dikabarkan menutup pabriknya di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. 

PT Nissan Motor Indonesia pun membantah hal tersebut. Ditegaskannya mereka masih mengoperasikan pabriknya tersebut. Namun, pabrik itu bukan untuk memproduksi mobil Nissan, melainkan hanya fokus memproduksi mobil merek Datsun.

"Rencana optimasi mencakup mengatur ulang operasi bisnis, rightsizing dan optimasi produksi," kata President Director PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, dalam pernyataan tertulisnya belum lama ini.

Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani juga turut berkomentar, saat ini pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta masih terus beroperasi seperti biasa. 

"Sebenarnya pabrik Nissan di Indonesia yang di Purwakarta saat ini memproduksi Datsun. Dan ini sebenarnya sudah lama diumumkan strategi ini," tegas Hana.

 

Loading...

Related Article