NEWS24.CO.ID

Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Sarankan Warga Menjaga Lingkungan Untuk Hindari Banjir

NEWS24.CO.ID

Walikota Pekanbaru, Firdaus. Walikota Pekanbaru, Firdaus.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, Pekanbaru - Cuaca Pekanbaru dan sekitarnya saat ini tengah melewati musim kemarau. Hujan yang berkepanjangan diperkirakan BMKG Riau akan terus turun dengan intensitas sedang hingga berat. Dan terkait hal itu, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Walikota Pekanbaru, Firdaus meminta seluruh pihak, baik dari instansi maupun masyarakat di Kota Pekanbaru untuk menjaga kebersihan drainase di sekitar lokasinya masing-masing.

"Kita harus menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal kita. Ini dilakukan mengingat saat ini tengah memasuki musim penghujan. Sehingga, apabila terdapat banyak sampah di drainase dikhawatirkan akan menimbulkan banjir," ujar Firdaus beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan karena tidak berfungsinya drainase secara maksimal, menjadi salah satu penyebab banjir yang kerap melanda Kota Pekanbaru yakni karena banyaknya anak sungai yang mati sehingga tidak berfungsi mengalirkan air.

Disarankan Firdaus, guna meminimalisir banjir sesaat ketika musim penghujan, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) sudah mulai melakukan normalisasi terhadap drainase dan anak sungai.

Normalisasi ini, lanjut Walikota, harus dilakukan dengan sistem jaringan karena tidak dapat dilakukan di satu titik, atau di titik-titik tertentu saja. Jika satu titik macet, akan mempengaruhi semuanya.

Selain itu, petugas melalui instansi yang terkait akan terus melakukan penyempurnaan peta induk drainase Kota Pekanbaru.

Loading...

Related Article