NEWS24.CO.ID

Pekanbaru

BI Riau Ajak Generasi Muda Aktif dan Bijak Gunakan Media Video Vlog Untuk Sampaikan Informasi

NEWS24.CO.ID

Berfoto bersama usai acara Talk Show How to be A Vlogger yang digelar Bank Indonesia Provinsi Riau bersama GenBI pada Kamis (17/10/2019) dengan narasumber Yohanes Kevin Hendrawan. Berfoto bersama usai acara Talk Show How to be A Vlogger yang digelar Bank Indonesia Provinsi Riau bersama GenBI pada Kamis (17/10/2019) dengan narasumber Yohanes Kevin Hendrawan.
https://swastikaadvertising.com/

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Generasi Baru Indonesia (GenBI) menggelar acara bertajuk Talk Show How to be A Vlogger. Acara yang dilaksanakan pada Kamis (17/10/2019) ini didukung penuh BI Provinsi Riau dengan mengundang vlogger nasional, presenter, aktor, inspirator, yakni Yohanes Kevin Hendrawan.

Acara talk show ini dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Decymus dan diikuti oleh GenBI, Komunitas Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), Komunitas Youtuber Kreator Pekanbaru dan banyak pemerhati dan pelaku vlogger Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Decymus menyampaikan bahwa perputaran informasi yang cepat dan dikemas secara menarik belakangan telah menjadi tren di kalangan masyarakat khususnya generasi muda. 

"Saat ini, berbagai informasi telah diubah ke dalam konsep yang mudah dipahami dan disampaikan dengan cara-cara yang baru, seluruh elemen masyarakat bisa memanfaatkannya, yakni dengan media video blog (vlog)," ucap Decymus.

Vlog sendiri merupakan salah satu cara blogging dengan memanfaatkan media video yang mengombinasikan gambar bergerak dan audio. Vlog sendiri telah menunjukkan eksistensinya sejak tahun 2004 dan terus menunjukkan perkembangan hingga saat ini.

Decymus mendorong agar seluruh peserta talk show yang sebagian besar kaum millenial, dapat menggunakan video blog secara bijak sebagai sarana yang  bermanfaat bagi orang lain dan membuat program-program yang berisi edukasi kepada masyarakat. 

"Bank Indonesia tidak mau ketinggalan dengan kemajuan teknologi seperti ini. Saat ini, BI juga sudah menggunakan vlog untuk mengkomunikasikan kebijakan kepada publik. Yang disampaikan itu adalah seperti aspek moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran, dan pengelolaan uang rupiah," ungkap Decymus.

"Dan tentu saja, kesemuanya disampaikan dengan cara yang menarik dan kekinian," sambungnya.

Decymus mewakili Bank Indonesia mengharapkan kepada para peserta dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kebijakan Bank Indonesia secara positif dan kekinian melalui vlog-vlog yang terkait program-program Bank Indonesia dibidang perekonomian, inflasi dan sistem pembayaran. 

Lebih lanjut, Decymus menerangkan keberadaan vlog sebagai sarana pertukaran informasi menjadi semakin penting karena kalangan masyarakat yang menikmati tayangan vlog juga semakin luas. Namun, terdapat pula fenomena di mana vlog justru menjadi sarana untuk menyampaikan informasi yang kurang bermanfaat, tidak mendidik, dan menimbulkan dampak negatif lainnya bagi masyarakat. 

Hal inilah yang menjadikan pelatihan pembuatan vlog bagi para vlogger dan calon vlogger penting agar konten yang diciptakan memiliki nilai informasi dan kualitas yang tinggi. Keberadaan vlog juga menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat.

Saat ini, menjadi seorang blogger juga sudah merupakan sebuah profesi dengan penghasilan yang memadai. Bahkan, sudah menjadi sebuah profesi yang sangat diminati oleh generasi milenial. Konten yang kreatif dan visualisasi yang unik dan menarik menjadi tantangan untuk media vlog. Keberadaan media vlog sangat diminati oleh generasi milenial, sebagaimana yang hadir di ruangan acara, sebagai salah satu sumber informasi.

Talk show yang digelar ini merupakan salah satu program optimaliasi perpustakaan KPw BI Provinsi Riau pada tahun 2019 untuk meningkatkan kapasitas dan pengelolaan perpustakaan dengan cara yang fun dan menarik.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi yang benar dan menarik.

Dalam pemaparannya, Kevin selaku narasumber memberikan tip-tip agar sebuah vlog dapat menjadi menarik masyarakat, antara lain cepat merespon hal-hal yang lagi viral atau yang menjadi tren, harus punya branding sehingga mudah diingat oleh masyarakat, konten vlog sesuai dengan dengan passion.

Pelaksanaan talkshow yang dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari GenBI (Generasi Baru Indonesia) selaku mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia, serta anggota Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Provinsi Riau, Komunitas Youtuber Kreator Pekanbaru ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman digital peserta, khususnya dalam bidang video blogging bagi Generasi Baru Indonesia dan penggiat literasi di Provinsi Riau, sehingga ke depannya peserta dapat menciptakan konten vlog yang positif dan menarik untuk menyebarkan informasi secara luas dengan gaya baru dan memberi inspirasi bagi banyak kalangan. 

Loading...

Related Article