NEWS24.CO.ID

Nasional

Agus Suprapto Ajak Jajarannya Terapkan ATM Untuk Menguasai Bidang Kesehatan

NEWS24.CO.ID

Agus Suprapto Agus Suprapto

NEWS24.CO.ID -Jajaran Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK harus menerapkan proses Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) terhadap penguasaan isu-isu kesehatan. Dengan begitu akan mudah menjalankan fungsi Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP).

Berbicara dalam rapat koordinasi Percepatan Capaian Program dan Anggaran di lingkup Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Suprapto mengungkapkan perlunya upgrade keilmuan pada jajarannya. Agus misalnya meminta menjalankan proses ATM kepada para praktisi dan birokrat kesehatan maupun akademisi. Ia juga sangat menyetujui pelaksanaan diklat PIM bagi pejabat di jajaran Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan. Agar fungsi KSP juga berjalan baik, selain upgrade keilmuan, Agus juga meminta kerjasama yang solid antara berbagai bidang di jajarannya. “Jangan lupakan gotong royong. Satu sama lain harus saling back up,” tandasnya. 

Rapat koordinasi Percepatan Capaian Program dan Anggaran di lingkup Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK yang berlangsung di salah satu hotel di kawasan Cisarua, Bogor ini juga merekomendasikan penguatan secara sistematis dan terstruktur upaya promotif, preventif dan deteksi dini masalah kesehatan. Diantaranya, restrukturisasi organisasi Kemenkes, perlu dibentuknya unit eselon I Promosi Kesehatan, mendorong peran Kemenkes dalam UKP lebih pada penetapan kebijakan dan pengaturan dari pada pelaksanaan. Termasuk dengan sistem asuransi (BJS), pembagian antara ‘purchaser’ (BPJS) dan ‘provider’ (Sistem Yankes) harus lebih diperjelas. 

Rekomendasi lainnya ialah penguatan sistem pelayanan kesehatan primer dengan membangun sistem terintegrasi antara UKBM (Posbindu, Pos UKK), puskesmas dan rumah sakit, termasuk pengembangan kohor PTM mulai usia remaja. Adapun rekomendasi selanjutnya ialah penguatan aksi multi-sektoral (Kebijakan/regulasi) untuk HiAP, GGL, Tobacco control. Implementasinya dengan RTH, fasilitas olah raga, Posbindu di kantor/ tempat kerja. 

Turut hadir dalam rapat koordinasi Percepatan Capaian Program dan Anggaran di lingkup Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Kepala Biro Perencanaan Kemenko PMK Yohan, Asisten Deputi Ketahanan Gizi ,Kesehatan Ibu Anak dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK Meida Octarina, Assisten Deputi Kependudukan dan KB Kemenko PMK Imam Pasli serta Asisten Deputi Pelayanan Kesehatan Kemenko PMK Andi Rahmadi. Masing-masing Asisten Deputi tersebut menyampaikan capaian dan evaluasi kegiatan di bidangnya. Termasuk memaparkan rencana kegiatan kedepan. (Ditha Adinda)

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Related Article