NEWS24.CO.ID

Pekanbaru

MRI Wilayah Riau dan ACT Riau Peduli Dampak Kabut Asap Yang Menyerang Masyarakat Riau

NEWS24.CO.ID

Tim MRI Riau dan ACT Riau bagikan masker pada Selasa (10/9/2019) di Jalan HR Soebrantas Pekanbaru. Tim MRI Riau dan ACT Riau bagikan masker pada Selasa (10/9/2019) di Jalan HR Soebrantas Pekanbaru.

NEWS24.CO.ID, PEKANBARU - Asap yang menyelimuti wilayah Riau kondisinya sangat memprihatinkan. Kabut asap telah menyelimuti hampir seluruh wilayah Riau daratan, dan yang terparah terlihat di Kabupaten Inderagiri Hulu, Pelalawan, dan Siak. Dan untuk jarak pandang, dari yang sebelumnya 1.500 meter semakin berkurang. 

Di Pelalawan dari laporan tim MRI Wilayah Riau menyebutkan jumlah titik api terlihat ada sebanyak 20 titik, dan Bengkalis dengan jumlah 15 titik api.

Kondisi yang memprihatinkan ini langsung ditanggapi serius pemerintah di Riau, dan membuat sejumlah sekolah terpaksa meliburkan aktifitasnya. Bahkan aktifitas warga yang rutin pun menjadi terganggu. 

Informasi yang diterima dari MRI Wilayah Riau dan ACT Riau pada Selasa (10/9) sore kemarin peduli akan aktifitas masyarakat. Mereka membagi-bagikan masker kepada masyarakat.

"Ada sebanyak 250 buah masker yang dibagikan kepada masyarakat, tepatnya di jalan HR Soebrantas, Panam," ucap Manahan R Nasution selaku Ketua MRI Wilayah Riau.

"InsyaAllah setiap hari akan kita lakukan aksi membagi-bagikan masker ini. Dan kita juga mengajak masyarakat untuk peduli dengan kesehatan dan memakai masker. Ini untuk mengurangi resiko dampak asap bagi kesehatan," lanjutnya.

"Esok, kita akan membagi-bagikan kembali," sambungnya.


Di sisi lain, Markom ACT Riau, Wahyu menjelaskan bahwa kabut asap yang melanda di kota Pekanbaru dan Riau ini telah mengakibatkan udara tidak sehat. 

"Kabut asap yang sudah terhitung sebulan ini tentunya harus menjadi perhatian serius kepada kita semua warga Pekanbaru, Riau terkhusus menjaga lingkungan atau daerah sekitar kita dari potensi-potensi yang mampu terbakarnya lahan," jelas Wahyu.

"Untuk itu MRI Wilayah Riau dan ACT Riau mengajak seluruh elemen lapisan masyarakat untuk turut berkontribusi serta bersinergi dalam membantu meringankan kemungkinan dampak yang bisa ditimbulkan dari kabut asap ini," lanjut Wahyu.

Dan pada kesempatan kali ini ACT Riau juga mengajak kepada dermawan untuk turut serta berkontribusi maka ACT Riau juga menerima donasi dalam bentuk barang (masker) untuk kita bagikan tidak hanya di Pekanbaru namun juga di beberapa wilayah yang terpapar kabut asap.

 

#MRI #ACT

NEWS24.CO.ID

Can be read in English and 100 other International languages


Related Article